Bulu Tangkis

ffsportz.com – Asosiasi Bulutangkis China (CBA) mencopot Chen Qi Qiu dengan Sekjen CBA Wang Wei. Hal ini dilakukan CBA dalam rangka menatap Olimpiade Tokyo 2020. Saat ini, China hanya memiliki satu pasangan ganda putra yang mampu menembus 10 besar peringkat dunia yaitu Li junhui/liu Yuchen. Dalam klasemen kualifikasi BWF race to Tokyo 2020, hanya Li/Liu yang mampu menempati urutan ketiga dengan 76,970 poin. Sementara itu, ganda putra China lainnya, Han Chengkai/Zhou Haodong menempati peringkat 11 , dikuti Zhang Nan/Qu Yiyi peringkat 15, He Jiting/tan Qiang peringkat 19 dan Liu Cheng/Huang kaixiang peringkat 21.

Disisi lain, China Ingin mempertahankan gelar juara yang didapat di Olimpiade Rio melalui Fu haifeng/Zhang nan. Zhang Nan/Liu Cheng sempat menjadi ganda putra nomor wahid China saat juara dunia 2017. Performa ganda China itu mulai menurun, kemudian memutuskan pisah di musim 2019.

Pada musim 2018, ganda Li Junhui/Liu Yuchen menyumbang gelar Juara Duinia 2018 dan Piala Thomas 2018. Lalu di musim 2019 performa ganda itu merosot dengan hanya memiliki dua title pada Malaysia Open dan macau Open 2019. Han Chengkai/Zhou Haodong sempat berjanji di tahun  2018 mendapat juara, namun di tahun 2019 mereka tidak mendapat gelar satupun.

“semua negara bekerja keras, prosesnya tidak selalu mulus, bahkan masih ada gesekan kecil layaknya suami dan istri percayalah. Saya percaya Ganda Menara Kembar dapat menanganinya dengan baik,” Ujar Chen.

Chen sempat mengatakan bahwa Olimpiade semakin dekat, sehingga persaingan juga sangat ketat. Sebelumnya Chen Qu Qiu adalah kepala ganda Putra China, peraih medali perungg di kejuaraan Dunia 2003 sempat menukangi tunggal putrid dan ganda putri China. Dari musim 2018 hingga saat ini CBA telah melakukan 4 kali rotasi terhadap sector tunggal putri. Pelatih tunggal putrid berubah dari Zhang Ning ke Luo Yigang.

Kemudian pelatih ganda putrid di arsiteki Jiang Jingzhen dan saat ini Chen Qingchen/ Jia Yifan kembali meraih gelar pertama dunia.

Untuk pelatih asing yang direkrut CBA adalah Yoo Yong-sun yang melatih ganda putra dan kang Kyung –jin yang melatih Ganda Putri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here