Perbasi Menunda Semua Kegiatan Basket Di Tanah Air Sebab Corona Kian Mewabah

FFSPORTZ.COM – Setelah gelaran basket paling bergengsi Amerika yaitu NBA ditangguhkan untuk ditunda, sekarang menyusul Bola basket tanah air (IBL) juga alami penundaan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Diketahui bahwa keputusan dilakukannya penundaan kegiatan basket tersebut diumumkan secara langsung oleh Ketua umum PP Perbasi yaitu Danny Kosasih melalui surat pada Sabtu, 14 Maret 2020 kemarin. Dalam keterangan surat tersebut, semua pengurus provinsi Perbasi diminta menunda kegiatan turnamen invitasi, hingga kompetisi. Tidak hanya basket, namun segala jenis pertandingan olahraga dari yang profesional hingga amatir dilakukan penghentian karena demi antisipasi penyebaran wabah Corona.

Perbasi tunda kompetisi basket demi kurangi risiko penularan corona

Saat ditanya mengenai keputusan penundaan atau penghentian sementara liga basket Indonesia, Danny mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil karena pertimbangan situasi mewabahnya covid-19 yang semakin meluas. Sehingga Perbasi menunda kompetisi basket demi mengurangi risiko penularan corona sebab kompetisi yang mereka gelar merupakan kegiatan olahraga yang selalu mengumpulkan kerumunan massa.  Pihak perbasi masih lakukan evaluasi sambil melihat situasi kedepan dan juga menunggu update dari pihak Kemenpora.

Sementara menurut ketua bidang hukum PP Perbasi George Fernando Dendeng mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu prosedur standar operasi (SOP) untuk penyelenggaraan kompetisi ditengah ancaman Covid-19. SOP tersebut dibutuhkan oleh setiap pihak – pihak tertentu untuk menyelenggarakan liga atau kompetisi demi menentukan nasibnya. Setelah SOP turun baru pihaknya akan diskusikan lagi dengan penyelenggara sebab setiap kompetsi memiliki penanganan yang berbeda – beda misalnya sepakbola yang miliki penonton paling banyak. Untuk basket lebih terarah karena tidak begitu banyak seperti sepakbola.

IBL dan Piala Srikandi lakukan penundaan lebih awal kompetisi

Menurut informasi, sebelum keputusan penundaan kompetisi dari Perbasi diumumkan, dua kompetisi  professional yaitu Liga Bola Basket Indonesia atau IBL dan Piala Srikandi telah melakukan penundaan lebih dulu untuk kompetisi mereka. Untuk IBL dilakukan penundaan pada hari Jumat sedangkan untuk Piala Srikandi pada hari Sabtu.  Untuk IBL sendiri sudah diberikan keterangan melalui jumpa Pers oleh Direktur Utama IBL yaitu Junas Miradiarsyah tepatnya terkait dengan penundaan seri ketujuh IBL 2020 di Malang. Menurut Junas, pengambilan keputusan penundaan dilakukan lebih dini karena mengutamakan keselamatan, meskipun ada opsi pertandingan untuk kompetisi IBL.

Junas menegaskan bahwa permainan basket lebih banyak kontak fisik sehingga akan memudahkan penularan virus corona. Pihak IBL sendiri masih menanti kondisi membaik. Menurut informasi, setelah pembatalan seri ketujuh IBL di Malang kemarin Pihak IBL kemungkinan besar juga akan menunda seri kedelapan mereka juga yaitu seri Yogyakarta pada pekan ini. Kemudian untuk Piala Srikandi dimana yang seharusnya akan digelar mulai besuk, 17 hingga 22 Maret 2020 juga ditunda. Secara otomatis target kompetisi selesai sebelum bulan puasa nampaknya akan tidak sesuai dengan rencana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here