Peluncuran Perdana Liga Basket Afrika Ditunda Lantaran Virus Corona
jupiterlotto

FFSPORTZ.COM – Setelah Liga Basket Amerika mengonfirmasi tentang adanya kasus virus Corona di Amerika Serikat, Sekarang kasus yang sama dilaporkan dari Afrika. Apa hubungan dengan NBA dan Afrika? NBA dan FIBA telah mendukung diadakannya turnamen basket di benua Hitam Afrika yaitu Liga Basket Afrika (BAL). NBA terpaksa menunda peluncuran perdana Liga Basket Afrika (BAL) disebabkan karena semakin meningkatnya kasus virus corona yang melanda Afrika. Rencana peluncuran BAL diketahui pada 13 Maret 2020 mendatang di Dakar, Senegal.

Senegal tunda peluncuran Liga basket Afrika (BAL) karena virus Corona

Kabar tidak mengenakkan datang dari salah satu negara di Afrika yaitu Senegal. Senegal saat ini sudah ditemukan adanya satu kasus virus Corona. Kasus Corona di Senegal merupakan kasus virus mematikan yang kedua di Kawasan Sub-Sahara Afrika. Merespon hal tersebut, pihak NBA melalui Presiden Liga Basket Afrika, Amadou Gallo Fall mengkonfirmasi penundaan peluncuran perdana BAL tersebut. Pihak NBA mengikuti rekomendasi pemerintah Senegal sebab sudah ada kasus corona di Negara tersebut.

Sang Presiden BAL merasa sangat kecewa karena pihak BAL tidak dapat meluncurkan Liga Basket Afrika sesuai jadwal. Apalagi  momen tersebut merupakan momen bersejarah yang ditunggu – tunggu banyak orang, terutama Afrika. Pihak penyelenggara Liga Basket Afrika begitu peduli dengan masalah kesehatan terutama demi para Atlit, staf dan pihak – pihak yang berkaitan dengan acara tersebut, terlebih lagi demi keselamatan semua masyarakat.

12 tim basket seluruh Afrika berpartisipasi dalam Liga Basket Afrika (BAL)

Diketahui bahwa Liga basket Afrika (BAL) merupakan Liga basket petama yang akan digelar di Afrika.  Tercatat ada 12 tim dari seluruh Afrika akan berpastisipasi dalam liga yang disponsori oleh Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) dan NBA ini. Ini merupakan pertama kalinya bagi NBA membantu mengatur liga bola basket di luar kawasan Amerika Utara. Namun apa daya bahwa peluncuran BAL terpaksa harus ditunda lantaran karena mewabah kasus virus yang tidak lain dan tidak bukan adalah Corona.

Liga bola basket yang didukung pihak FIBA dan NBA itu akan diikuti 12 tim dari benua Afrika. Keduabelas tim tersebut diantaranya adalah tim AS Dounes dan tim AS Police dari Senegal, lalu tim GS dari Algeria (Aljazair), lalu ada juga tim AS Sale dari Maroko dan ada lagi tim FAP dari Kamerun. Event yang din anti – nanti publik basket dunia dan khususnya Afrika tersebut terpaksa ditunda dan sayangnya, kepastian akan waktu pengganti dari jadwal yang sudah ditentukan tersebut masih belum bisa dipastikan. Hal ini menambah kesedihan dan kekecewaan para penikmat bola basket tentunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here