Lang Ping
jupiterlotto

FFSPORTZ.COMLang Ping – Pencapaian timnas voli putri Tiongkok sudah tidak diragukan lagi. Satu yang paling prestis yaitu juara Olimpiade Rio 2016. Namun, berhembus kabar tak sedap sedang menghinggapi mereka. Sang pelatih, Lang Ping mengungkapkan keinginannya untuk pensiun setelah gelaran Olimpiade Tokyo 2021 mendatang. Dilaporkan dari China Global Television Network, pelatih bertangan dingin Timnas Tiongkok menyebutkan bahwa dirinya ingin pensiun secepatnya.

Pelatih Timnas voli putri Tiongkok ingin cepat pensiun

Sebelumnya, diketahui bahwa Lang Ping melatih Timnas Tiongkok antara tahun 1995 dan 1998. Pada saat itu tangan dinginnya sudah mulai terlihat dengan membawa Tiongkok meraih medali perak di Olimpiade Atlanta 1996. Kemudian, ia sempat menjadi pelatih di beberapa klub voli internasional sebelum akhirnya ditunjuk sebagai pelatih timnas voli Amerika Serikat. Kehebatan pelatih yang lahir di Tianjin pada 10 Desember 1960 itu semakin nyata bagi Timnas bola voli negeri Paman Sam. Lang yang memiliki pengalaman tiga tahun sebagai kepala tim nasional Amerika Serikat mampu menghadiahi medali perak di Olimpiade Beijing 2008.

Setelah berhasil mengantarkan tim nasional Amerika Serikat sukses, pelatih  59 tahun akhirnya ditarik ke Tiongkok dan di dapuk sebagai kepala pelatih Timnas untuk kedua kalinya pada 2013 lalu. Di bawah asuhannya, Timnas Tiongkok berhasil menjadi juara di Piala Dunia pada 2015. Di lanjutkan dengan menjuarai Olimpiade Brazil dengan menumbangkan tim kuat Serbia. Hebatnya lagi, Lang Ping juga mampu membawa Tiongkok mempertahankan gelar Piala Dunia pada 2019 kemarin.

Timnas voli putri Tiongkok berusaha pertahankan gelar juara Olimpiade

Tentu dengan prestasi yang sudah diraih yaitu juara Olimpiade, Tiongkok akan berusaha mempertahankan gelar mereka. Timnas Tiongkok siap bertarung untuk mempertahankan gelar di Olimpiade Tokyo yang diundur di tahun 2021 mendatang. Pada Olimpiade nanti, Timnas Tiongkok berada di pool B bersama Amerika Serikat, Rusia, Italia, Argentina dan Turki. Sementara rival mereka, Jepang tampil di Pool A bersama Serbia, Brazil, Korea Selatan, Republik Dominika dan Kenya.

Sebagai informasi tambahan mengenai pelatih yang bernama lengkap Jenny Lang Ping lainnya yaitu kiprahnya bermain untuk Timnas Tiongkok. Pada tahun 1984, Lang Ping meraih gelar MVP atau pemain terbaik pada Olimpiade. Diketahui bahwa dirinya meruapakan wanita dari etnis Manchu. Pada tahun 2002, ia masuk pada Voli Hall of Fame di Holyoke, Massachusetts. Dirinya mengukir sejarah di kancah pervolian Negeri Tirai Bambu itu sebagai pemain dan pelatih yang mampu memenangkan medali emas Olimpiade.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here