Pebulu Tangkis Dunia Tersandung Masalah Doping Salah Satunya Atlet Malaysia
jupiterlotto

FFSPORTZ.COMFakta Bulutangkis – Dalam olaharaga terdapat istilah doping, namun apakah anda tahu apakah sebenarnya doping itu? Doping merupakan penggunaan obat peningkat performa oleh para atlet agar dapat meningkatkan performa sang atlet. Maka dari itu Doping dilarang oleh banyak organisasi olahraga di seluruh dunia.  Sedangkan kalau menurut Komite Olimpiade Internasional atau IOC pada tahun 1990, doping adalah upaya meningkatkan prestasi dengan menggunakan zat atau metode yang dilarang dalam seluruh olahraga dan tidak terkait dengan indikasi medis. Doping dilarang dengan alasan yang pertama adalah ancaman kesehatan, kesamaan kesempatan dan efek olahraga yang bersih (bebas doping) sebagai contoh dalam kehidupan sehari – hari.

3 Atlet bulutangkis dunia yang tersandung masalah doping

Selain obat, doping diketahui juga berbentuk doping darah yang disalurkan melalui tranfusi darah atau penggunaan hormon Eritropoietin. Sejumlah nama pesohor olahraga dunia yang pernah tersandung masalah doping diantaranya atlet pelontar peluru Irina Korzhanenko, pesepak bola Diego Armando Maradona, atlet tenis Petr Korda, olahragawan dari Kanada Ben Johnson dan masih banyak lagi lainnya. Nah, ada juga beberapa nama atlet bulu tangkis dunia yang pernah positif gunakan doping, siapa saja mereka?

  1. Lee Chong Wei

Siapa yang tidak kenal dengan Lee Chong Wei, dia adalah salah satu pebulu tangkis top Malaysia. Atlet Negeri Jiran itu pernah menempati peringkat sau dunia dan meraih total ada 69 gelar. Akan etapi kini, Lee Chong Wei resmi menggantungkan raket pada Juni 2019 lalu. Dia fokus jalani hari – hari pensiun dengan melakukan penyembuhan kanker. Lee terkena kasus doping tepatnya pada 2015 lalu. Dia terbukti telah menggunakan doping dan dijatuhi hukuman larangan bertanding oleh BWF selama delapan bulan.

  1. Ratchanok Intanon

Penampilan dan pencapaian atlet bulu tangkis Ratchanok Intanon sudah tidak diragukan lagi. Dengan koleksi enam gelar BWF Superseries, tiga gelar BWF World Tour, tujuh gelar BWF Grand Prix serta pernah menyabet predikat peringkat sau dunia pada 2016 membuat Intanon dijuluki sebagai Ratu Bulu Tangkis Thailand. Akan tetapi pada tahun 2019 lalu, Intanon tersandung kasus penggunaan doping jenis zat clebuterol dimana dinyatakan oleh BWF. Tak lama berlarut, BWF akhirnya resmi menyatakan kalau Intanon tidak menggunakan doping. Namun, sebelumnya Intanon juga pernah positif doping sebelum Olimpiade Rio 2016. Dalam tubuh Intanon ditemukan zat Corticosteroid.

  1. Sigit Budiharto

Sebenarnya salah satu atlet bulu tangkis Indonesia juga pernah alami masalah dengan doping. Pada 1997 lalu, Indonesia punya ganda putra tangguh yang mampu meraih gelar di Kejuaraan Dunia, yaitu Candra Wijaya/Sigit Budiharto.  Sigit Budiharto terseret kasus doping pda 1998 silam. Sigit positif Doping dan dijatuhi sanksi larangan bertanding selama 12 bulan atau setahun. Meskipun Sigit pernah tersandung kasus doping, akan tetapi dia tetap merupakan salah satu legenda bulu tangkis Indonesia, yang pernah mengharumkan nama bangsa Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here