Theo Maledon

FFSPORTZ.COM – Ditengah wabah virus corona yang sedang melanda dunia saat ini, banyak menyebabkan hampir semua sendi kehidupan manusia menjadi terhambat. Liga basket NBA masih menjadi kiblat para pemain basket dunia untuk karir profesional mereka. NBA Draft di tiap musimnya merupakan hal yang asyik untuk di bicarakan. Harap diketahui bahwa NBA Draft merupakan salah satu cara masuk NBA yang paling condong untuk dipilih. Ada sekitar ratusan nama pemain basket yang bersedia untuk mengikuti seluruh proses draft dan bisa terpilih setiap tahunnya. Untuk setiap tahunnya akan hanya ada 60 pemain yang terpilih melalui proses draft yang di bagi menjadi dua babak.

Talenta basket masuk NBA Draft dari berbagai jalur

Pada gelaran NBA Draft 2020, beberapa talenta terbaik basket dari jalur kampus di Amerika Serikat sudah menyatakan kesediannya,misalnya Anthony Edwards, james Wiseman dan Obi Toppin. Kemudian untuk jalur di luar kampus juga ada talenta basket lainnya misalnya Kenyon Martin Jr, LaMelo Ball, dan R.J. Hampton. Sedangkan untuk talenta basket dari luar Amerika Serikat bagimana? Talenta – talenta basket dari seluruh dunia juga akan berjuang untuk bermain di NBA. Misalnya saja ada pemain basket muda dari Perancis, Theo Maledon.  Dia baru saja mengumumkan kesiapannya untuk mengikuti NBA draft 2020. Pemain basket yang masih berusia 18 tahun tersebut mengucapkan terima kasih kepada klubnya ASVEL Basket atas kesempatan yang diberikan, melalui instagram pribadinya.

Untuk diketahui bahwa ASVEL merupakan klub basket professional asal Perancis yang berlaga di liga basket kasta tertinggi di Perancis dan liga Eropa. ASVEL adalah klub yang dimiliki oleh legenda San Antonio Spurs yaitu Tony Parker. Selain pemilik, Parker menjabat sebagai presiden tim. Diketahui juga bahwa pemain seneter CLS Knights Indonesia saat menjuarai ABL 2018-2019 yaitu Darryl Watkins pernah membela klub ini juga.

Torehan gelar dan Prestasi pebasket Theo Maledon

Theo Maledon berposisi sebagai point guard. Diketahui bahwa dirinya membela ASVEL sejak 2017 tiga tahun lalu. Theo menjadi pemain basket debutan termuda sepanjang sejarah tim. Pada musim ini dia bermain 46 kali untuk ASVEL pada semua kompetisi dengan 23 kali sebagai pemain utama. Theo meraih rataan 7,1 poin dan 2,3 assist per gim dengan rataan 17 menit per gim. Maka tak hayal bahwa The Maledon mampu bawa ASVEL peringkat pertama liga basket Perancis dengan rekor menang – kalah ( 21-4).  Pada musim lalu saja, dia berhasil mendapatkan gelar sebagai pemain termuda terbaik di Liga perancis dan sempat tampil di laga All Star.

Pemain basket bertinggi 196 cm tersebut sempat meraih gelar pemain termuda terbaik Liga Perancis, Theo juga menjadi kandidat terkuat peraih penghargaan pemain muda terbaik di EuroLeague. Kemudian di kancah Internasional, nama Theo kembali menjadi sorotan. Theo menjadi bagian dari tim U-16 Perancis saat berhasil meraih medali emas di Kejuaraan Eropa 2016 lalu. Dilanjutkan lagi, setahun kemudian dia menjadi kapten tim Perancis  dimana berhasil membawa Perancis mendapatkan medali perak di Piala Dunia FIBA U-17. Dia juga mendapat kesempatan  berlaga bersama tim senior  di kualifikasi Piala dunia FIBA 2019 di Tiongkok. Kali ini Draft Express telah menempatkan Theo berada di urutan ke-15 dalam daftar 100 pemain terbaik NBA Draft tahun 2020. Sekedar informasi tambahan, terakhir kali pemain asal Eropa yang memiliki resume serupa adalah Luca Doncic.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here