Bintang NBA

FFSPORTZ.COMNBA – Negeri Paman Sam, Amerika Serikat sedang dilanda kerusuhan besar. Situasi semakin genting saat sejumlah demonstran yang meminta keadilan terhadap korban meninggal dunia, George Floyd. Selain itu ditengah aksi demo tersebut menimbulkan hal yang merusak dan bahkan menjarah toko – toko di berbagai negara bagian. George Floyd yang meninggal saat terjadi penangkapan dan terekam kamera video sehingga memicu kemarahan warga Amerika Serikat. Tak hanya warga Amerika Serikat, dukungan juga datang dari dunia sepak bola di berbagai negara misalnya di Inggris dan Jerman. Selain itu, para Bintang NBA juga tak ketinggalan untuk turut serta mendukung gerakan anti rasisme di negaranya.

Bintang NBA dan cabang olahraga lain berusaha kendalikan protes

Akhir – akhir ini memang diketahui bahwa kematian George Floyd menjadi perbicangan hangat diseluruh dunia. Diketahui bahwa George Floyd meninggal sebagai bentuk tindakan rasisme dari usaha penangkapan oknum polisi di Minneapolis, Minnesota, negara bagian Amerika Serikat. Kematian Floyd dikarenakan sesak napas, di mana leher dan punggungnya tertekan ketika di tindih oleh polisi yang bernama Derek Chauvin. Hingga saat ini, protes terhadap tindakan rasisme yang masih terjadi di Amerika Serikat menimbulkan hal yang sangat buruk. Dilaporkan sejumlah polisi dan demonstran menjadi korban bahkan sejumlah nyawa pun melayang.

Bintang – bintang NBA dan cabang olaharga lain berusaha mengendalikan protes yang sedang berlangsung dengan melakukan pendekatan yang lebih damai. Hal ini demi mencegah hal – hal yang lebih buruk terjadi kembali. Sebelumnya memang diketahui bahwa aksi protes pemain NBA dilakukan secara langsung, bahkan ada pula yang turut serta turun ke jalan misalnya bintang basket dari klub Boston Celtics, Jaylen Brown. Kemudian ada juga bintang dari klub Atlanta Hawks, Trae Young dimana dia juga ikut terlibat dalam aksi protes di Norman, Oklahoma City.

Para bintang basket lawan rasisme melalui aksi Blackout Tuesday

Dengan menyadari akibat buruk dari aksi demonstran Amerika Serikat, dicetuskanlah sebuah gerakan damai. Blackout Tuesday menjadi gerakan damai dimana merupakan gerakan damai untuk  menyuarakan protes aksi rasisme di Amerika Serikat. Mereka yang melakukan aksi ini mengunggah foto hitam di media sosial dan membiarkan kolom komentar kosong. Gerakan Blackout Tuesday ini disebut – sebut mirip seperti Black Lives Matter. Namun yang menjadi perbedaannya adalah, gerakan Black Lives Matter sudah dimulai sejak 13 Juli 2013 lalu. Gerakan Black Lives Matter timbul ketika pada waktu itu seorang pemuda kulit hitam, Travyon Martin tewas ditembak oleh oknum polisi.

Diketahui bahwa sejumlah bintang – bintang basket NBA juga turut serta dalam melawan aksi rasisme lewat gerakan Blackout Tuesday ini. Ada nama – nama seperti LeBron James, Damian Lillard, Chris Bosh, Draymond Green, Trae Young, Chris Paul, Stephen Curry, Luka Doncic, Pau Gasol, Ja Morant, Carmelo Anthony, dan Danny Green telah turut ambil bagian dalam aksi protes damai tersebut. Sementara itu, liga bsket melalui #NBATogether juga ambil bagian untuk mendukung aksi memerangi ketidakadilan yang saat ini terjadi di Amerika Serikat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here