Atlet Dan Sponsor Bulu Tangkis

FFSPORTZ.COMBulutangkis – Ditengah terjangan virus Covid-19, semua sendi kehidupan terkena imbasnya. Apalagi jika dikaitkan dengan keadaan finansial, saat ini diseluruh dunia sedang alami krisis akibat pandemi corona. Begitu juga dengan olahraga, semua gelaran olahraga ditangguhkan dan bahkan dihentikan demi keselamatan dan kesehatan semua pihak yang terlibat di dalamnya. Sebagai contoh bulutangkis, tercatat bahwa gelaran terakhir bulu tangkis adalah All England 2020 dan setelah itu semua gelaran bulu tangkis dunia ditunda atau ditangguhkan bahkan dibatalkan. Walhasil, hal ini berimbas kepada pemasukan para atlet yang semakin menurun atau bahkan tidak ada sama sekali.

Virus Covid-19 pengaruhi finansial sponsor dan atlet bulu tangkis

Menurut pernyataan dari Sekjen PBSI Achmad Budiharto, saat ini dunia berada di tengah ketidakpastian akibat virus corona. Olahraga bulu tangkis mau tidak mau juga terkena imbasnya baik langsung maupun tidak. Semua sektor yang mendukung kegiatan olahraga mengalami kesulitan, termasuk industri peralatan olahraga dimana yang menjadi sponsor para atlet. Dengan minimnya penjualan produk di tengah wabah Covid-19 pastinya mempengaruhi arus keuangan perusahaan dan hal ini harus dapat diantisipasi oleh pihaknya.

Meskipun begitu, PBSI menghimbau agar para atlet bulu tangkis tetap bersyukur dengan kondisinya saat ini. Perjuangan untuk bertahan di tengah wabah Covid-19 dinilai oleh Achamd Budiharto sesuatu yang tidak gampang. Mungkin banyak atlet dari cabang olahraga lain yang memiliki nasib yang kurang beruntung. Diketahui bahwa selama ini, PBSI menjadi salah satu federasi cabang olahraga yang dinilai stabil dan mandiri dalam melakukan pembinaan atlet ke jenjang yang tertinggi.  Maka dari itu, dia mengajak semua lapisan untuk berperan aktif dalam membangun kembali suasana kompetisi. Para atlet bisa menjadi duta bulu tangkis dalam membangun kembali minat masayarakat untuk bermain bulu tangkis demi kembalinya pasar olahraga.

Budiharto juga memberikan nasehat kepada atlet untuk terus berjuang

Sekretaris Jendral PBSI juga memberikan nasehat kepada atlet untuk terus berjuang meskipun keadaan sedang sulit. Para atlet bulu tangkis diminta untuk menjaga kepercayaan PBSI atas keanggotaan tim nasional yang disandang dan jangan sia – siakan kesempatan yang sudah diterima. Hal ini karena tidak semua atlet bisa menjadi bagian dari tim terbaik Indonesia. Atlet harus senantiasa disiplin, menjaga keteguhan dan tetap fokus pada kompetisi. Budiharto juga berharap kalau dalam waktu dekat gelaran bulu tangkis bisa kembali normal.

Tambahan informasi saja, ada kesamaan keadaan dari jagad perbulu tangkisan Negeri Bolywood, India. Dampak dari corona ini berimbas pada emosional dan finansial para atlet bulu tangkis India. Hal tersebut ternyata membebani pikiran atlet senior India yaitu HS Prannoy. Dia percaya bahwa ada skenario yang lebih buruk jika keadaan tidak berubah menjadi lebih baik di satu setengah bulan mendatang. perbulu tangkisan India alami nasib yang sama dengan perbulu tangkisan Indonesia. Perusahaan tidak memiliki pemasukan seperti biasa, jadi otomatis dana dari sponsor juga turun atau malah tidak ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here