Olimpiade Tokyo Ditunda Berakibat Dibekukannya Ranking Bulutangkis Oleh BWF

FFSPORTZ.COM – Kini perhelatan olaharaga paling bergengsi didunia yaitu Olimpiade 2020 Tokyo resmi ditunda. Dengan ditundanya Olimpiade, berdampak pada Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), dimana mereka harus mencari cara bagaimana hak – hak pebulutangkis bisa dijaga. Diketahui bahwa jadwal Olimpiade 2020 akan berlangsung pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020 mendatang. akan tetapi, disebabkan virus corona yang masih mewabah dan semakin massif penularannya, akhirnya disepakati untuk dilakukan penundaan selama satu tahun. keputusan diambil setelah Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe dan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach bertemu secara virtual, Selasa, 24 Maret 2020.

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) berencana bekukan rangking dunia

Imbas mewabahnya Virus Corona alias Covid-19, berdampak pada penundaan secara resmi Olimpiade 2020. Menindaklanjuti pengumuman tersebut pihak Federasi Badminton Dunia (BWF) berencana membekukan rangking dunia untuk sementara waktu. Hal ini banyak mendapat respon baik, sebab merupakan scenario terbaik agar adil bagi para atlit bulutangkis dimana mereka telah mengumpulkan poin untuk menuju Olimpiade sejauh ini. Diketahui bahwa Badminton sendiri masuk dalam cabang olahraga yang akan dipertandingkan, namun belum merampungkan fase kualifikasi sebab masih mewabahnya corona.

Pihak BWF terakhir merilis rangking dunia pasca turnamen All England Open 2020 di Birmingham Arena Inggris, 11-15 Maret lalu. All England 2020 merupakan turnamen terakhir yang digelar BWF, bahkan ditengah ancaman virus corona. Usai Turnamen pada pekan ke-12, BWF merilis ranking per 17 Maret 2020.  Meski demikian, pihak BWF belum bisa memaparkan secara detail bagaimana teknis pembekuan peringkat dunia bulutangkis tersebut. Mereka masih mencari solusi teknis untuk memastikan pembekuan dan pencabutan pembekuan peringkat dunia agar adil. Menurut informasi, himbauan untuk bekukan ranking BWF salah satunya datang dari pebulutangkis asal India, Parupalli Kashyap. Dengan alasan karena tidak hanya akan menjamin keadilan bagi mereka yang telah melakukan dengan sangat baik dan juga mereka yang berharap untuk mencapai Olimpiade Tokyo Juli ini.

BWF Fokus pada pengaruh pandemi corona terhadap bulutangkis

Diketahui bahwa pihak BWF saat ini berfokus pada pengaruh pandemi corona terhadap bulutangkis. Mereka fokus pada keprihatinan terhadap oramg – orang yang terpengaruh akibat covid-19 atau virus corona ini. Pada sejak awal, kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan para atlit, lalu pelatih, kemudian ofisial dan seluruh keluarga besar bulutangkis menjadi prioritas BWF.

BWF mendukung penuh atas keputusan dari Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden IOC Thomas Bach serta Komite Penyelenggara Olimpiade Tokyo (TOCOG) untuk menjadwal ulang event besar ini dari tahun 2020 ke pertengahan 2021. Selain itu pihak BWF juga menyampaikan solidaritas bersama Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Komite Paralimpiade Internasional (IPC) dalam menyambut penundaan Olimpiade dan Paralimpiade 2020 di Tokyo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here