Leandro Barbosa

Berita NBA – Penggemar NBA mungkin cukup lama tak mendengar kabar dari Leandro Barbosa. Informasi terbaru cukup mengejutkan dari juara NBA 2015 tersebut. Dia baru saja mengumumkan pensiun dari dunia basket profesional. Pengumuman tersebut, Barbosa tulis sendiri pada akun Instagram pribadinya @theblurbarbosa. Selain umumkan pensiun, Barbosa juga mengumumkan kabar yang cukup menggembirakan. Pria yang tercatat menjalani karier basket profesional selama 20 tahun itu akan bergabung dengan tim pelatih Golden State Warriors sebagai mentor.

Leandro Barbosa akan Bergabung dengan Tim Pelatih Golden State Warriors

Perlu diketahui bahwa Golden State Warriors bukanlah klub baru untuk Barbosa. Mantan pebasket kelahiran 28 November 1982 di São Paulo, Brasil itu sempat berseragam Warriors  selama dua musim yakni mulai 2014 hingga 2016. Selain berhasil membawa gelar juara, Barbosa juga berperan penting dalam koleksi 73 kemenangan musim reguler Warriors semusim setelahnya. Akan tetapi, baik Barbosa atau Warriors telah gagal menutup musim sebagai juara.

Setelah memutuskan hengkang dari Warriors, Barbosa hanya menghabiskan satu musim lanjutan di NBA bersama klub Phoenix Suns. Pada 2017 hingga sekarang, dia kembali ke kampung halamannya, Brasil. Di Brasil, pria 38 tahun itu bermain untuk dua klub di sana, Franca dan Minas. Meski sudah tak bermain di NBA lagi, Barbosa masih menjadi sosok yang penting bagi tim nasional Brasil. Hal ini terbukti dengan masih tampilnya Brasil di Piala Dunia FIBA 2019 di Tiongkok lalu.

Sejarah Singkat Perjalanan Barbosa di Kancah Basket NBA

Pemilik nama lengkap Leandro Mateus Barbosa tersebut masuk ke NBA sebagai pilihan ke-28 NBA Draft 2003. Klub San Antonio Spurs yang memilihnya namun langsung di tukar ke Suns. Tujuh musim bersama Suns, Barbosa mampu tampil impresif dengan menunjukkan penampilan terbaiknya pada musim 2006-2007. Dia berhasil mencetak 18,1 poin dan 4,0 assist per game dari bangku cadangan. Catatan ini membuat pebasket yang berjuluk The Brazilian Blur itu terpilih Sixthman of the Year.

Setelah itu, Barbosa membela sejumlah klub NBA lainnya diantaranya Toronto Raptors, Indiana Pacers, dan Boston Celtics. Akan tapi, karier bersama klub – klub tersebut tak mmapu melebihi pencapaian dirinya selama berseragam Suns. Kemudian, bersama Warriors, pebasket yang akrab dengan nomor punggung 19 itu seperti hidup kembali. Dia berperan sebagai pemain cadangan bersama Shaun Livingston, Mo Speights, dan juga David Lee dilakukan dengan baik sehingga membuat Warriors menjadi klub yang sangat sulit dikalahkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here