NBA Ganti Merek Bola Basket Wilson

FFSPORTZ.COMBerita NBA – Bagi kamu yang belum pernah memegang bola basket tentu sekilas sama saja dengan kebanyakan bola dalam olahraga yang menggunakan bola besar. Namun cuma corak dan warna saja yang secara kasat mata tampak beda. Namun bagi kamu yang sudah memegang atau bahkan bermain basket, ternyata bola basket cukup keras dan berat. Jika dibandingkan dengan bola untuk voli sangat beda jauh. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai bola yang dipakai di liga basket NBA. Jika mengikuti NBA, memang liga basket paling kondang di dunia itu jarang  membuat perubahan dalam hal perlengkapan pertandingan misalnya bola. Bila yang sering dilihat dalam pertandingan NBA adalah menggunakan Bola yang bermerek Spalding atau dari pabrikan Spalding, namun kali ini akan diganti dengan Wilson.

NBA ganti bola Spalding dengan Wilson

Perubahan bola dari Spalding dengan Wilson adalah perubahan kelima dalam 75 tahun sejarah NBA. Mereka jarang merubah perlengkapan pertandingan NBA. Selama 75 tahun mereka hanya merubah penggunan bola dengan merek berbeda sebanyak 4 kali. Perubahan bola basket ini memang tidak selalu berjalan mulus. Sebagai contohnya pada tahun 2006, NBA membuat keputusan mengganti bola berbahan kulit dengan bola berbahan sintetis. Keputusan merubah bola ini ditentang keras oleh para pemain dan akhirnya NBA kembali memakai bola kulit.

Pada hari Rabu kemarin, 13 Mei 2020, waktu Amerika Serikat, NBA telah mengumumkan perubahan merek bola. Bukan merubah bahan seperti tahun 2006 lalu. Mulai musim 2021-2022 nanti, NBA akan menggunakan merek bola Wilson. Wilson akan menjadi bola resmi pertandingan. Bola baru nanti dibuat dengan spesifikasi yang lebih baik.  Menurut penryataan dari Presiden NBA untuk kemitraan Global, Salvatore LaRocca mengatakan kalau kemitraan dengan Wilson tersebut mengembalikan mereka ke awal, sebelum merencanakan masa depan. Untuk diketahui bahwa NBA telah menggunakan merek Wilson selama 37 musim sejak tahun 1946.  Harapan mereka adalah dapat mengembangkan permainan basket secara bersama – sama lagi.

Bola merek Wilson digunakan di banyak turnamen basket

Bola basket yang diproduksi oleh Wilson Sporting Goods Co. ini tidak hanya digunakan untuk NBA saja, menurut Kevin Murphy selaku manajer umum Wilson Basketball, Wilson akan digunakan diberbagai turnamen basket diantaranya WNBA, NBA G League, NBA 2K League dan Liga Basket Afrika (BAL).  Selain itu Wilson Sporting Goods ini memang sebagai pemasok bola semua turnamen postseason NCAA secara resmi yaitu untuk Divisi I putra dan putri. Selain NCAA juga banyak dipakai di banyak liga sekolah menengah. Pada 2015 lalu, Wilson juga memasok bola untuk semua kompetisi basket 3×3 yang  diselenggarakan oleh FIBA. Semua Liga akan memakai bola Wilson mulai musim 2021, namun untuk NBA sendiri akan mulai memakainya pada musim 2022.

Kali ini NBA berupaya untuk menyeragamkan merek bola dalam turnamen dari level perguruan tinggi hingga level teratas. Alasan perubahan merek bola ini dikarenakan hal yang mungkin terdengar sepele yaitu dikarenakan kasus dari Lonzo Ball. Saat dirinya bermain di universitas, dia mampu menembak dengan baik dengan bola Wilson sebab NCAA memang memakai bola Wilson. Namun ketika dia bermain di NBA yang menggunakan merek Spalding, penampilan Lonzo sangat berbeda. Memang kalau dirasakan pada dasarnya setiap bola memiliki cengkeraman dan rasa yang berbeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here