Lin Dan Pensiun
jupiterlotto

FFSPORTZ.COMLin Dan – Beberapa waktu lalu, tepatnya Sabtu, 4 Juli 2020 raja bulu tangkis Tiongkok, Lin Dan putuskan untuk gantung raket. Dengan begitu, maka Lin Dan sudah dinyatakan keluar dari Pelatnas bulu tangkis Tiongkok. Alasan dibalik keputusan mantan tunggal putra nomor satu dunia tersebut untuk pensiun adalah cedera yang berkepanjangan dan juga usia yang sudah semakin tua. Meskipun menyatakan untuk pensiun dari turnamen internasional, Lin Dan masih bertekad untuk mengikuti liga bulu tangkis nasional Tiongkok. Namun syarat yang harus dipenuhi yaitu jika fisiknya masih proporsional atau ideal bagi seorang atlet bulu tangkis.

Lin Dan harus miliki badan Proporsional jika ingin turun di Liga Nasional Cina 2021

Semasa menjadi atlet bulu tangkis, Lin Dan tercatat mengantongi sejumlah gelar dan prestasi yang mentereng. Setelah putuskan pensiun, pebulu tangkis yang berjuluk Super Dan itu ternyata masih ingin terjun di ajang bulu tangkis di Tiongkok. Namun, berat badannya akan menjadi penentu apakah dia masuk atau tidak. Menurut pengakuan Lin Dan pada China Youth Daily, dia mengatakan bahwa jika seandainya berat badannya naik pada Maret tahun depan, maka dirinya tidak akan bertanding lagi atau pensiun sepenuhnya. Namun, Lin Dan berharap bisa berpartisipasi di ajang Liga nasional Tiongkok 2021.

Sejauh ini, Lin Dan sudah lima kali tampil dalam ajang tersebut dan dia berniat menambah satu lagi penampilannya yaitu di tahun depan. Sebagai informasi saja, selama berkarier di bulu tangkis Lin Dan sudah mengoleksi beragam penghargaan dan gelar menakjubkan. Yang paling tinggi adalah meraih medali emas di dua Olimpiade. Untuk yang pertama pada tahun 2008  ketika digelar di negaranya sendiri yaitu Olimpiade Beijing dan yang kedua adalah Olimpiade London 2012.

Lin Dan sebut satu fakta baru alasannya keluar dari Timnas Tiongkok

Pemilik dua medali emas Olimpiade tersebut ternyata juga mengungkapkan satu fakta baru yang cukup mengejutkan soal alasannya keluar dari Timnas Tiongkok. Lin Dan mengaku kalau dirinya memilih untuk pensiun dari Timnas karena moodnya sudah berantakan. Dan dirinya sudah habiskan waktu 20 tahun bersama Timnas. Pebulu tangkis yang lahir pada 14 Oktober 1983 dengan bangga memamerkan kepada semua orang kalau sudah menghabiskan 20 tahun bersama timnas. Selama itu, seperti yang sudah disebutkan diatas, Lin Dan telah menyabet berbagai gelar juara baik secara individu maupun beregu.

Selain dua medali emas Olimpiade, menariknya ayah satu anak ini merupakan atlet bulu tangkis pemilik lima gelar juara dunia dan dua medali emas World Cup. Sementara dalam kompetisi beregu, dia bersama Timnas Tiongkok berhasil lima kali juara dalam Sudirman Cup dan enam kali menyabet trofi Thomas Cup. Secara keseluruhan, selama menjalani karier sejak tahun 2000 hingga 2020, Lin Dan mencatatkan 666 kemenangan dengan 66 gelar juara di berbagai kompetisi yang pernah dia ikuti. Bisa dikatakan bahwa Lin Dan pensiun dengan gelar sempurna untuk cabang olahraga bulu tangkis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here