CEV Champions League Volley 2021
indoagen

Berita Voli Eropa – Pada tanggal 23 April 2020 lalu, pihak Dewan Administrasi dari konfederasi bola voli Eropa (CEV) telah memutuskan CEV Champions League Volley 2020 baik Pria dan Wanita telah berakhir. Berakhirnya ajang voli bergengsi Eropa sebelum waktunya disebabkan pandemi virus Covid-19 yang masih mewabah.  Perlu untuk diketahui bahwa Liga Champions CEV merupakan kejuaraan antarklub bola voli putra di kawasan Eropa. Kejuaraan ini diselenggarakan oleh  konfederasi bola voli Eropa dimana telah berlangsung setiap tahun sejak pertama kali diadakan pada 1960. Baru – baru ini ada kabar menggembirakan bagi anda penggemar voli khususnya di Benua Biru, Eropa. Meski baru akan digelar tahun depan, Liga Champions Bola Voli Eropa CEV 2021, telah menarik minat banyak tim-tim voli di Eropa.

CEV Champions League Volley Musim 2021 Siap Digelar

Menurut laporan dari sumbernya ada 65 tim yang terdiri dari 36 tim voli pria dan 29 wanita. Tim – tim tersebut sudah mendaftar untuk berpartisipasi dalam CEV Champions League Volley musim 2021. Jumlah peserta kali ini benar – benar mengejutkan. Hal ini semakin membuktikan mengenai status unik dari ajang kompetisi voli tersebut. Selain itu, ajang ini telah menunjukkan keinginan yang kuat dari tim – tim untuk terus tampil di level tertinggi di panggung voli internasional. Terlepas dari banyaknya tantangan yang masih ditimbulkan akibat pandemi virus corona, angka ini menunjukkan bahwa keinginan dari tim – tim Bola Voli Eropa untuk bersaing secara internasional.

Pada awal musim panas ini, Dewan Administrasi CEV menyetujui beberapa aturan luar biasa untuk penyelenggaraan Piala Eropa 2021 dan lebih khusus lagi untuk Bola Voli Liga Champions CEV. Aturan tersebut merupakan hal yang memungkinkan Federasi Nasional untuk mendaftarkan satu tim tambahan di atas slot masing – masing  tim. Tim tambahan dihasilkan dari daftar peringkat Eropa terbaru. Pertarungan dari tim – tim voli terbaik Eropa di ajang Liga Champions Bola Voli Eropa CEV 2021 ini dipastikan akan semakin seru dan sengit mengingat ada banyak tim yang akan unjuk gigi.

Informasi Singkat Seputar Liga Champions Bola Voli Eropa CEV

Ide atau gagasan untuk menggelar  Liga Champions Bola Voli Eropa CEV atau Gagasan kejuaraan  antarklub untuk klub voli terbaik di kawasan Eropa diprakasai oleh federasi Rumania. Gagasan tersebut diajukan pada 1958 kepada federasi bola voli Internasional (FIVB). Musim perdana berlangsung pada 1960 silam, pada lima edisi pertama berlangsung sistem gugur untuk setiap pertandingan dan partai puncak diadakan dua kali di masing – masing kota finalis.

Lalu pada tahun 1965 sampai 1971 diperkenalkan aturan baru di mana untuk pertandingan tiga kali jika pada dua pertemuan sebelumnya berakhir imbang. Pertandingan penetuan tersebut akan dilangsungkan di tempat netral. Pada musim berikutnya dan berlangsung hingga sekarang, terdapat banyak perubahan pada babak awal sedangkan untuk babak final Four tetap tidak berubah sejak tahun 1971 yakni empat finalis akan saling bertemu untuk menentukan juara. Sementara itu, ajang ini juga telah melakukan perubahan nama diantaranya Champions Cup (1959 sampai 2000), lalu European Champions Cup (2000 sampai 2008) dan CEV Champions League (2008 sampai sekarang).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here