Miliki Banyak Karier Internasional, Kim Yeon-koung Kembali ke Korea Selatan

FFSPORTZ.COMKim Yeon-koung – Tim V-League pada Sabtu 6 Juni 2020 mengumumkan bahwa atlet voli putri Korea Selatan, Kim Yeon-koung telah bergabung kembali dengan mantan klubnya Heungkuk Life Pink Spiders. Kim telah menandatangani kontrak dengan klub tersebut selama satu tahun dengan gaji 350 juta won  atau kurang lebih US $ 290 ribu. Sebelumnya memang diketahui bahwa klub Heungkuk Life Pink Spiders merupakan klub debut Kim Yeon-koung yakni pada 2005. Kim Yeon-keung tercatat telah bermain empat musim dengan klub tersebut.

Kim Yeon-keung miliki banyak karier voli internasional

Setelah empat musim bersama klub Heungkuk Life Pink Spiders, Kim Yeon-keung kemudian memulai karir internasional yang membawanya ke Jepang, Turki, Cina dan kemudian menetap di Turki selama 11 tahun. Kim belum mendapatkan hak agen bebasnya ketika meninggalkan V-League pada 2009 silam. Sebelum bergabung dengan JT Marvelous di Jepang dengan status pinjaman, Pink Spiders menempatkannya di daftar “pensiun sukarela”. Kemudian pevoli yang lahir 26 Februari 1988 di Ansan itu melanjutkan karier di Turki bersama klub Fenerbahçe pada 2011 hingga tahun 2016.

Sempat satu tahun menghabiskan musim 2017-2018 di Liga Voli Tiongkok, akhirnya pevoli 32 tahun itu kembali ke Turki namun bergabung dengan klub Eczacıbaşı VitrA. Bersama Eczacibasi VitrA, Kim memenangkan Piala Super Turki berturut-turut pada 2018 dan 2019. Setelah kontraknya selama dua tahun dengan klub Turki Eczacibasi VitrA berakhir pada Mei, Spiker luar biasa itu sedang mengincar klub Pink Spiders untuk reunian kembali. Dikarenakan ketidakpastian di liga luar negeri selama pandemi virus corona. Kim hanya menunggu langkah administratif di Pink Spiders dari pihak Federasi Bola Voli Korea (KOVO) untuk mengaktifkannya dari daftar.

Kim Yeon-keung merupakan pevoli dengan bayaran tertinggi

Kim akan bergabung dengan tim yang memiliki banyak pemain bagus bahkan pevoli terbaik di Korea Selatan. Pink Spiders memiliki pemain dengan predikat dua kali MVP yakni Lee Jae-Yeong dan saudara kembarnya Lee Da-yeong yang merupakan runner-up MVP 2020. Kemudian ada juga penyerang Argentina, Lucia fresco yang merupakan peraih gelar Blok terfavorit juga akan menjadi skuad Pink Spiders pada musim 2020-2021.

Kim Yeon-keung meruapakan pemain paling berharga dan pencetak angka terbaik pada Olimpiade London 2012, meskipun Korea Selatan hanya mampu finis di urutan ke-4. Kim memegang rekor Olimpiade untuk skor tertinggi ytaitu 207 poin dalam delapan pertandingan dengan mampu melampaui perolehan poin Gamova yang hanya 204 poin pada Olimpiade Athena 2004. Menariknya, saat ini kim dilaporkan menjadi salah satu pemain voli dengan bayaran tertinggi di dunia dalam musim terakhir. Ia mungkin menghasilkan lebih dari 2,3 miliar won di V-League. Selain terkaya, Kim juga menjadi salah satu atlet bola voli terbaik di dunia. Catatan terakhir Kim Yeon-keung yaitu membantu Korea Selatan memenangkan turnamen kualifikasi zona Asia untuk Olimpiade Tokyo dan kemudian ia absen karena alami cedera perut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here