Piala Menpora Esports 2020

FFSPORTZ.COMPiala Menpora Esports 2020 – Sejak Esports mulai booming di seluruh dunia, Indonesia sudah merespon dengan baik. Hal ini terbukti dari banyaknya tim – tim esports tanah air yang turut berpartisipasi bahkan hingga meraih sejumlah prestasi yang gemilang di tingkat internasional. Selain itu, Indonesia bahkan sudah mengadakan turnamen bergengsi yakni piala presiden esports. Kali ini giliran Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang menggagas turnamen esports. Menurut pernyataan bapak Menpora, Zainudin Amali mengatakan bahwa turnamen tersebut merupakan upaya pemerintah untuk terus menghidupkan cabang olahraga yang semakin digandrungi anak muda.

Turnamen esports Piala Menpora RI 2020 untuk meriahkan Hari Kemerdekaan RI

Sebentar lagi Indonesia akan menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-75, suka cita bangsa Indonesia kali ini sedikit terhambat dengan adanya pandemi yang masih belum memperlihatkan tanda – tanda akan usai. Selain menyambut HUT Kemerdekaan, lalu Haornas pada 9 September dan Kesaktian Pancasila 1 Oktober, maka dari itu diharapkan esports dapat menjadi sebuah pilihan untuk terus menggelorakan semangat kebangsaan, berkarya dan meraih prestasi. Zainudin Amali mengatakan bahwa esports merupakan bagian dari olahraga yang terus beradaptasi dengan perkembangan dunia dan semakin terhubung secara digital.

Perlu diketahui bahwa ajang esports Piala Menpora 2020 ini diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia dan IESPL. Mewakili pihak penyelenggara, Giring Ganesha menyatakan bahwa kompetisi esports Piala Menpora RI kali ini menjadi inisiatif Kemenpora RI yang unik karena pesertanya para atlet dari siswa SMP, SMA dan mahasiswa perguruan tinggi. Semua jalannya pertandingan akan dilaksanakan secara online. Hal ini karena demi tetap menjaga protokol kesehatan. Tak ketinggalan juga, Giring Ganesha menegaskan bahwa turnamen ini bertujuan untuk membesarkan esports di Indonesia.

Turnamen eSports Piala Menpora 2020 khusus bagi pelajar

Vice President IESPL, Rangga Danu Prasetyo mengatakan bahwa turnamen Piala Menpora Esports 2020 merupakan turnamen khusus pelajar yang didukung langsung oleh pemerintah Indonesia. Maka dari itu, waktu pelaksanaannya atau jamnya disesuaikan agar tidak mengganggu jam sekolah. Jadwal pelaksanaan turnamen Esports Piala Menpora 2020 yakni pukul 3 sore. Sementara itu, adapun target sasarannya adalah peserta atau atlet esports dengan jumlah yang ingin dicapai 10.000 atlet dengan lebih dari 2.000 tim.

Pendaftaraan digelar dari tanggal 1 Agustus, kemudian kickoff pada 17 Agustus, kemudian, pertandingannya sendiri dimulai pada akhir Agustus dan finalnya pada 3-4 Oktober 2020. Sebelumnya juga perlu diketahui bahwa ajang turnamen esports ini telah bekerjasama dengan salah satu provider seluler. Lalu, untuk game yang dipertandingkan adalah Mobile Legends. Kemudian, satu tim harus berisikan anggota dari institusi mulai dari SMP, SMA, SMK maupun dari Perguruan Tinggi. Batas usia yang diperbolehkan yaitu dari 16 hingga 24 tahun. Tak ketinggalan, hadiah dengan total ratusan juta rupiah akan disiapkan bagi pemenangnya.

Masa kualifikasi dari turnamen ini terbagi menjadi empat kloter yang dimulai pada tanggal 1 Agustus 2020 mendatang. Sedangkan untuk Grand Final dan penutupnya digelar pada tanggal 3 dan 4 Okterober 2020. Satu tim harus berisikan anggota dari institusi tersebut pula, mulai dari SMP, SMA, SMK maupun Perguruan Tinggi. Batas usianya juga dari 16 tahun hingga 24 tahun. dengan total hadiah ratusan juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here