Tontowi Dan Liliyana
jupiterlotto

FFSPORTZ.COMBulutangkis Indonesia – Bagi pecinta bulu tangkis pasti sudah mengetahui kalau salah satu atlet terbaik Indonesia telah menyatakan pensiun. Pebulu tangkis putri spesialis ganda campuran Indonesia, Liliyana Natsir telah menyatakan pensiun dari dunia bulu tangkis sejak 27 Januari 2019 secara resmi. Ketika menyatakan pensiun dari olahraga yang membesarkan namanya itu, diadakan acara perpisahan dimana menampilkan pesan dan kesan para pelatih, sejumlah atlet bulu tangkis nasional dan mancanegara. Mereka memberikan kesan dan pesan terhadap kiprah perempuan kelahiran Manado, Sulawesi Utara tersebut. Sebagaimana diketahui bahwa pasangan Ganda campuran Liliyana Natsir terakhir sebelum pensiun adalah Tontowi Ahmad. Pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan sedikit informasi mengenai kenangan dan secuil kisah ganda campuran fenomenal Indonesia tersebut

Kisah menarik ganda campuran Tontowi/Liliyana

Ganda Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir pernah menjadi salah satu pasangan ganda campuran  andalan Indonesia. Kedua pebulu tangkis itu mulai dipasangkan sejak 2010 dan mereka bisa dikatakan kalau memiliki gelar juara yang komplit. Tercatat ada tiga titel juara yang pernah merek raih diantaranya pertama gelar juara All England Open dengan mencetak hat-trick yaitu pada 2012, 2013 dan 2014. Titel gelar juara kedua yaitu Kejuaraan Dunia pada 2013 dan 2017. Dan titel gelar juara ketiga yaitu Olimpiade Rio 2016.

Membangun sebuah hubungan atau chemistry dengan partner bertanding tidaklah mudah. Usut punya usut, kekompakan Tontowi/ Liliyana Natsir dibangun dari sebuah kunci penting. Dari sini, Liliyana Natsir memberikan beberapa kunci penting untuk mewujudkannya. Menurut perempuan 33 tahun itu, kunci utama dalam sebuah chemistry partner dalam membangun kekompakan adalah saling mengesampingkan ego.  Menurutnya, setiap pasangan ganda pasti punya masalah, dan hal ini harus mampu untuk dihadapi dan dilewati secara bersama – sama. Mulai dari kesalahan kecil dan kesalahpahaman hingga pahit manis selalu ada. Terutama saat mengalami kekalahan, sebab hal ini sangat penting dan sangat berharga. Namun ketika pada sampai titik ini, mereka akan segera menyelesaikannya dan kembali saling mengerti.

Liliyana puji partner ganda campurannya Tontowi Ahmad

Liliyana mengatakan kalau dibalik kesuksesan ganda campuran Tontowi/Liliyana adalah kerja keras dan kedisiplinan yang mereka tanamkan, tidak mudah menyerah dan selalu merasa “lapar untuk menjadi jawara”. Perempuan yang akrab di panggil butet itu menyebut kalau Tontowi adalah satu partner yang memiliki mental bertanding yang bagus.  Selain itu, Liliyana juga menganggap Tontowi memiliki kesabaran partnership dan akhirnya mereka bisa meraih kesuksesan. Dia juga selalu berlatih dan melakukan sesi latihan yang lebih banyak daripada pemain lain dan tak lupa, Tontowi sangat sabar pada Liliyana.

Satu hal yang menarik lagi dari pasangan ganda campuran Tontowi/Liliyana yaitu Fokus dalam menjalankan taktik. Mereka selalu patuh pada pelatih dan mereka membuang jauh – jauh pikiran untuk juara. Yang terpenting adalah meraih poin demi poin. Sebagai informasi tambahan, Liliyana menutup aksinya bersama Tontowi pada turnamen Indonesia masters 2019 dengan meraih posisi sebagai Runner-up. Sedangkan Tontowi Ahmad masih aktif dengan pasangan barunya Winny Oktavina Kandow.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here