Menengok Nasib Sponsor Atlit Bulutangkis Setelah Ajang Turnamen Dihentikan
jupiterlotto

FFSPORTZ.COMSponsor Bulutangkis – Selain aksi para pebulutangkis kemudian para atlit sendiri ada hal yang masih menarik untuk diperboincangkan yaitu sponsor. Tidak hanya sponsor utama event bulutangkis tetapi sponsor yang mendukung atlit. Sebagaimana diketahui bahwa gelaran bulutangkis di Indonesia telah disponsori pabrikan mobil asal Jepang Dihatsu. Semisal pada gelaran Daihatsu Indonesia Maters 2020 kemarin, Indonesia dinilai sukses menggelar kejuaraan yang melibatkan pebulutangkis top dunia. Event bulutangkis yang mengawali tahun 2020 ini sudah berlangsung sejak 2018 lalu, jadi sudah tiga kali berturut – turut. Acara ini adalah komitmen Daihatsu memberikan dukungan pada setiap kejuaraan bulutangkis lokal maupun internasional.

Daihatsu sponsor utama di gelaran turnamen bulutangkis internasional

Seperti diketahui, bahwa sponsor Daihatsu sudah menjadi salah satu sponsor utama di kancah bulutangkis dunia. Tidak hanya di Indonesia, Daihatsu juga menjadi sponsor utama turnamen bulutangkis di tingkat Internasional yaitu di Jepang dan Malaysia. Daihatsu menjadi sponsor yang sangat berarti bagi jagad perbulutangkisan tanah air. Dengan hadirnya para atlit bulutangkis di Indonesia tidak lepas dari perubahan status kejuaraan Daihatsu Indonesia Masters menjadi super 500. Dengan meningkatnya level berarti terjadi peningkatan pula terhadap besarnya hadiah yang diperebutkan.

Selain berjasa pada perkembangan bulutangksi tanah air, turnamen yang diselenggarakan berkat kerjasama dengan Daihatsu yaitu Daihatsu Indonesia Masters 2020, digunakan para atlit untuk mengumpulkan poin menuju Olimpiade.  Jika para atlit bulutangkis dunia mengikuti ajang Daihatsu Indonesia Masters berarti siap mengumpulkan poin Olimpiade dan juga memperebutkan hadiah senilai US$ 400 ribu. Hal ini akan memberikan motivasi tersendiri bagi para atlit dalam bertanding. Pada Turnamen yang berlangsung selama 6 hari berturut-turut awal januari 2020 kemarin, ganda putra The Minions menang di sektor ganda putra, sektor tunggal ada Anthony S. Ginting kemudian dan juga di ganda putri.

Nasib sponsor untuk para atlit bulutangkis

Setelah dilakukan pembatalan sejumlah turnamen oleh BWF diikuti pembekuan ranking dunia untuk para atlit hingga waktu yang belum ditentukan. Selain itu, situasi ini juga turut mempengaruhi kesepakatan dengan sponsor terutama sponsor bagi atlit.  Ranking dunia yang berlaku adalah mulai 17 Maret 2020 yang digunakan untuk pendaftaran dan penentuan seeded untuk turnamen berikutnya. Hal ini juga dinyatakan oleh Sekjen PP PBSI, Achmad Budiharto mengatakan, kalau langkah BWF adalah langkah yang bijak. Namun dia juga mengatakan kalau hal itu mempengaruhi kesepakatan dengan Sponsor.

Biasanya dalam kontrak tertulis bahwa si Atlet harus mengikuti sejumlah turnamen dalam satu tahhun dan harus mencapai target tertentu dan ranking tertentu.   Untuk merespon hal tersebut, Budiharto mengatakan kalau pihaknya akan mencari solusi. PBSI akan membantu para atlit untuk mencari win – win Solution ke pihak sponsor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here