Liga Champions

FFSPORTZ.COMLiga Champions – Kemarin, Liga Jerman sudah melanjutkan kompetisi sisa musim ini  dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Lalu, munyusul juga  sejumlah liga – liga domestik Eropa yang juga mulai mempersiapkan kelanjutan kompetisi mereka. Kini giliran pihak UEFA dilaporkan tengah mempersiapkan rencana kelanjutan Liga Champions. Diketahui bahwa pihak UEFA dan European Club Association (ECA) tengah melakukan musyawarah untuk membahas kelanjutan Liga Champions musim ini. UEFA dan ECA tengah membahas rencana Plan B terkait dengan sisa lanjutan Liga Champions. Mereka memilih negara Portugal sebagai tempat diselenggarakan kelanjutan liga.

UEFA masih mematangkan format terbaik untuk menuntaskan kompetisi

Seperti yang sudah banyak diberitakan, pandemi virus Covid-19 membuat Liga Champions dan banyak liga – liga Eropa harus ditangguhkan sejak awal Maret lalu. Untuk Liga Champions sendiri, saat diumumkan untuk ditangguhkan, kompetisi tengah memasuki babak 16 besar dengan empat tim sudah memastikan diri lolos ke babak perempatfinal. Hingga saat ini kompetisi yang menghadirkan trofi  si kuping besar itu belum dapat dipastikan kapan bakal digelar kembali. Dilaporkan bahwa pihak UEFA masih mematangkan format terbaik untuk menuntaskan kompetisi.

Menurut laporan dari Mundo Deportivo, UEFA sedang melakukan diskusi dengan pihak European Club Association demi untuk mempersiapkan rencana Plan B terkait kelanjutan Liga Champions. Mereka berharap bahwa pertandingan bisa mulai digelar pada 4 Agustus dan berakhir 29 Agustus mendatang. Dalam rencana Plan B tersebut, babak 16 besar akan diselesaikan secara normal terlebih dahulu atau seperti biasa. Perubahan format kompetisi baru akan dilaksanakan pada babak delapan besar.

Portugal jadi tuan rumah yang ideal lanjutan Liga Champions

Sementara itu, pertandingan direncanakan bakal digelar dengan sistem single match di satu negara dengan meniadakan format home and away. Hal ini diputuskan demi mengurangi jumlah pertandingan dari suatu klub dan juga dapat mengurangi perjalanan selama pandemi. Sebelum ditangguhkan, telah dijadwalkan kalau kota Istanbul, Turki telah didapuk sebagai tuan rumah laga final. Akan tetapi, keputusan tersebut bisa berubah dikarenakan keamanan saat ini. Final Liga Champions yang akan digelar di Istanbul sesuai jadwal tersebut alami masalah keamanan, sehingga dilakukan pemindahan.

Lisbon ibukota Portugal telah dipilih untuk menjadi tuan rumah lanjutan Liga Champions musim ini. Diketahui bahwa negara Portugal dimana yang terletak di semenanjung Iberia ini tak begitu terimbas virus Covid-19. Kemudian, untuk masalah sarana dan prasarana untuk menggelar laga, Portugal juga sangat menunjang. Didukung juga dengan tak ada satu pun klub yang menjadi wakil Portugal di sisa Liga Champions musim ini. Dilaporkan juga, selain Portugal ada negara lain yang sangat berpotensi menjadi tuan rumah final Liga Champions yaitu Jerman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here