Voli Indonesia
jupiterlotto

FFSPORTZ.COMVoli Putra Indonesia – Jauh pada tahun 2007 silam, ternyata menyimpan cerita yang cukup menarik bagi penikmat olahraga voli. Pada tahun tersebut ada sebuah turnamen Bola Voli Indoor Asia Putra yang berlangsung pada 31 Agutus – 9 September yang digelar di Istora dan tenis Indoor Senayan, Jakarta. Ada cerita yang cukup menarik sebagai tuan rumah, Indonesia merupakan tim unggulan bersama tiga tim lainnya yaitu Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok.  Para atlet yang tergabung dalam tim Indonesia memiliki postur atau tinggi badan yang paling pendek pada diantara tim unggulan tersebut.

Tim Indonesia memiliki postur badan paling pendek

Tim Indonesia Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok langsung lolos ke babak delapan besar sehingga tidak perlu lagi bertanding di baak penyisihan grup pada turnamen yang diikuti oleh 17 tim dari Asia tersebut termasuk Australia. Dari 12 pemain tim Indonesia, tidak ada satu pun yang memiliki tinggi badan lebih dari 2 meter. Bahkan pemain tertinggi Indonesia waktu itu Ayip Rizal pun tidak sampai 2 meter yaitu 193 cm. Selain Ayip Rizal, tiga pemain lainnya juga kurang dari 2 meter yaitu Affan Priyo Wicaksono (190 cm), Brian Alfianto (190 cm) dan Nyoman Rudi Tirtana (191 cm) dan sisanya dibawah mereka.

Menurut Machfud Irsyada, selaku asisten pelatih mengatakan bahwa pemain Indonesia harus bermain dengan serangan cepat dan lebih bervariasi dalam mengantisipasi lawan yang memiliki postur lebih tinggi. Selain itu, penerimaan bola harus bagus agar tosser bisa mengatur serangan. Serupa dengan sang asisten, salah satu pemain timnas Indonesia, Joni Sugianto mengatakan bahwa dia dan kawan – kawannya mau tidak mau harus bermain cepat jika ingin menembus pertahanan lawan. Tim Tiongkok memiliki pemain dengan postur tertinggi Liang Chunlong (206 cm). Kemudian Jepang, mengejutkan memang, sebelumnya diketahui bahwa rata – rata rakyat jepang memiliki postur pendek, namun untuk gelaran ini tim jepang memiliki postur tertinggi Kota Yamamura dan Nobuharu Saito, dimana keduanya sama – sama memiliki tinggi 205 cm. Sedangkan Korea Selatan ada pemain Yun Bong-Woo dengan 203 cm. Lalu pemain dari Australia Daniel Howard dengan 208 cm.  Dari sekian pemain voli yang bertanding ternyata yang tertinggi adalah pemain voli dari Kazakshtan yaitu Svyatoslav Miklashevich dan Anton Yudin dengan 210 cm.

Tim Maladewa memiliki postur lebih pendek ketimbang Indonesia

Perlu diketahui juga bahwa dari seluruh negara peserta, masih ada tim yang memiliki postur yang lebih pendek dibandingkan dengan tim tuan rumah Indonesia yaitu Maladewa. Tim Maladewa malah sudah datang di Jakarta sejak Kamis 23 Agustus. Untuk ukuran pemain voli, postur tubuh para pemain yang ada dalam daftar tim Maladewa  tergolong mungil. Dari 12 pemain, pemain tertinggi dari tim Maladewa memiliki postur 187,5 cm dan yang paling pendek 167 cm. Sang manajer tim Maladewa, Adnan Abdul Raheem juga mengakui bahwa skuadnya memiliki postur yang tergolong mungil untuk ukuran atlet voli.

Sama halnya dengan tim Indonesia, permainan tim Maladewa akan menerapkan strategi untuk melawan pemain yang memiliki postur tinggi dengan mengandalkan permainan cepat. Tim Maladewa berada di grup A bersama tuan rumah Indonesia, Qatar dan Taiwan. Enam tim terbaik akan langsung lolos ke Olimpiade 2008 di Beijing, Tiongkok. Pada gelaran olahraga terbesar sejagad tersebut, sebagau tuan rumah tim Tiongkok sudah menunggu bersama juara bertahan Jepang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here