Turki Akan Buat Peraturan Bola Voli Baru
jupiterlotto

FFSPORTZ.COMVoli – Berbicara tentang bola voli, Turki merupakan salah satu negara dimana dikenal sebagai tim yang cukup diperhitungkan di dunia. Sejumlah atlet voli dari berbagai negara banyak turun di liga domestik Turki. Timnas Turki juga kerap ikut di kejuaraan voli level internasional. Untuk saat ini, tidak hanya jagad voli, akan tetapi semua cabang olahraga didunia telah ditangguhkan sebagai imbas dari mewabahnya virus corona. Meskipun begitu pihak federasi bola voli Turki akan menerapkan peraturan baru agar kejuaraan mereka tetap berjalan meski berada di situasi pandemi virus corona atau yang kerap disebut Covid-19.

Federasi voli Turki berencana menggelar kejuaraan voli

Menurut laporan dari Sabah News, Ketua Federasi Voli Turki, Mehmet Aktif Ustundag mengatakan bahwa Federasi berencana memulai kejuaraan liga voli Turki meski masih dalam masa pandemi. Kejuaraan voli tersebut rencananya akan digelar pada bulan September mendatang dan akan diikuti sebanyak 16 tim dimana untuk memeriahkan kejuaraan tersebut. Karena saat ini  pandemi virus covid-19 masih berlangsung, oleh karena itu mereka membutuhkan peraturan baru agar kejuaraan tersebut bisa berjalan dengan lancar. Tak lupa juga bahwa kejuaraan tersebut juga akan menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan baik pemain maupun penonton.

Dengan adanya protokol itu, memperlihatkan bahwa pihak penyelenggara memang memberikan jaminan akan keselamatan dan kesehatan selama berlangsungnya kejuaraan.  Ustundag mengatakan kalau pihaknya memerlukan beberapa perubahan peraturan tersebut dalam menggelar kejuaraan karena melihat kondisi yang saat ini terjadi. Selain itu, Ustundag mengatakan kalau ketulusan dan transparansi sangat diperlukan pihaknya dan akan segera mengumumkan rencana peraturan baru mereka itu kepada orang – orang.

Timnas Turki berpartisipasi dalam turnamen internasional

Yang tak kalah penting juga, sang ketua federasi tersebut menambahkan kalau pihaknya juga telah menentukan klub mana saja yang akan bermain di kompetisi internasional untuk musim depan. Enam dari 12 tim akan ikut serta dalam pertandingan internasional. Baik tim putra dan tim putri akan bermain di Liga Champions Eropa CEV atau Konfederasi Bola Voli Eropa, Piala CEV, Challenge Cup CEV dan Piala Asosiasi Voli Balkan. Lalu, berbicara mengenai prestasi, Turki juga kerap menjuarai kejuaraan voli di tingkat internasional. Bahkan salah satu pemain Timnas Turki sempat bermain di Proliga yaitu Yeliz Basa.

Tim voli Turki Vakifbank kembali mencetak prestasi dengan perolehan medali emas di Kejuaraan Dunia Voli Putri FIVB 2018 di Tiongkok. Itu adalah kemenangan ketiga, sebab di kejuaraan yang sama mereka pernah juara juga yaitu pada tahun 2013 dan 2017. Kemudian Tim Eczacibasi VitrA Istanbul juga meraih medali perunggu dalam kejuaraan tersebut. Eczacibasi VitrA ini sebelumnya meraih emas di ajang yang sama yaitu pada tahun 2015 dan 2016. Untuk level Timnas, tim putri Turki menjadi runner-up Kejuaraan Voli Eropa 2019 CEV atau EuroVolley 2019 setelah kalah dari Serbia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here