Farhad Zarif Atlet Voli Putra Terpendek di Dunia

Fakta Atlet Voli – Bila membicarakan hal mengenai voli, satu kata yang kerap mewakilinya yaitu postur atau tinggi badan. Para pevoli dapat dipastikan memiliki postur tubuh yang tinggi atau ideal sebagai atlet. Bisa dikatakan, untuk dunia internasional, rata – rata tinggi badan atlet voli hampir mencapai 2 meter atau bahkan lebih. Ada sumber yang mengatakan bahwa ada atlet – atlet voli yang memiliki tinggi badan lebih dari rata – rata. Sebagai contohnya, untuk atlet putri, pemain voli yang tercatat memiliki postur tinggi lebih dari rata – rata dipegang oleh Dana Rettke. Rettke memiliki postur atau tinggi badan 203 cm atau 6 kaki 8 inci. Sementara itu, untuk atlet voli putra yang memegang rekor tertinggi saat ini adalah Wuttichai Suksara alias Golf. Golf memiliki tinggi 2.22m atau 7 ft 3,5 inci.

Farhad Zarif Merupakan Atlet Voli Putra Terpendek di Dunia

Beberapa waktu lalu jagad voli dunia cukup dihebohkan dengan informasi tentang atlet voli terpendek di dunia. Salah satu sumber informasi telah mengabarkan kalau ada atlet voli putra yang memiliki tinggi badan di bawah rata – rata.  Pemain voli terpendek putra saat ini dipegang oleh pemain voli asal Iran, Farhad Zarif. Dikabarkan bahwa Libero Timnas Iran itu hanya memiliki tinggi badan 165 cm. Jika melihat dari tinggi badan Farhad rasanya mungkin sedikit tidak percaya, dengan tinggi badan tersebut dia telah menjadi seorang atlet voli.

Menurut laporan dari Wikipedia, Zarif merupakan atlet voli yang lahir di Mashad, Iran, pada 3 Maret 1983 silam. Dia sempat tercatat sebagai salah satu skuad dari klub Paykan Teheran. Berkat penampilannya yang gemilang, Farhad pun berhasil masuk dalam jajaran pemain tim nasional Iran.  Dengan predikat sebagai pemain voli terpendek putra tersebut, Farhad diundang ke tim nasional pada tahun 2006 saat timnas voli Iran bersiap untuk mengikuti kejuaraan Asia Championship. Bersama Timnas, Farhad menyumbangkan banyak catatan impresif.

Farhad Zarif Menerima Penghargaan Sebagai Libero Terbaik

Setelah berkarier selama lima tahun bersama Timnas Iran, Farhad memutuskan untuk pensiun tepatnya usai Piala Grand Champions Dunia 2013. Dalam ajang tersebut, pria 37 tahun itu menerima penghargaan sebagai Libero terbaik.  Setelah menyatakan untuk cukup berkarier di olahraga voli, Farhad memutuskan untuk lebih fokus pada kehidupan keluarganya. Dia tercatat telah menorehkan perjalanan yang sukses bersama tim nasional Iran. Sepanjang karier  volinya, Farhad berhasil meraih beberapa prestasi termasuk memenangkan Kejuaraan Asia 2011 & 2013. Dia pernah berkompetisi di Liga Dunia 2013 dan Piala Dunia 2012.

Dari gambaran singkat mengenai perjalanan Farhad Zarif sebagai atlet voli terpendek di dunia pada waktu itu, hal ini adalah bukti bahwa tidak perlu memiliki postur tinggi untuk menjadi seorang pemain bola voli yang sukses. Tak hanya Farhad Zarif, ternyata pernah dicatat juga atlet terpendek di dunia lain untuk sktor putri. Nama atlet voli tersebut yakni Jorella Marie De Jesus. Pemain voli asal Filipina tersebut hanya memiliki postur 152 cm. Sama halnya dengan Farhad, Jorella juga berposisi sebagai Libero. Saat ini, pevoli kelahiran 17 Agustus 1993 itu adalah skuad dari tim voli Lady Eagles universitas Ateneo de Manila.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here