LFP Resmi Membuka Bursa Transfer Musim Panas Liga Perancis Pada 8 Juni

FFSPORTZ.COMLiga Perancis  – Sebagaimana diketahui bersama bahwa Ligue 1 dan 2 Perancis musim 2019 – 2020 sudah dinyatakan berhenti atau selesai per 28 April 2020 waktu setempat. Jajaran direksi Liga Perancis, LFP menobatkan gelar juara kepada Paris Saint-Germain (PSG) pada Kamis, 30 April 2020 usai dihentikannya liga. Di posisi kedua ada Olympique Marseille dan langsung lolos ke Liga Champions musim depan. Dan di posisi ketiga ditempati Rennes yang akan lolos ke putaran ketiga babak kualifikasi Liga Champions musim 2020-2021. Baru – baru ini tersiar kabar bahwa LFP secara resmi membuka bursa transfer musim panas 2020-2021 pada 8 Juni 2020 nanti.

LFP resmi membuka bursa transfer musim panas 2020-2021

Keputusan membuka bursa transfer musim panas tersebut mungkin dikarenakan Liga Perancis 2019-2020 yang dihentikan lebih cepat. Pemerintah Perancis dan LFP memutuskan untuk mengakhiri Liga Perancis musim ini sebagai imbas dari pandemi Covid-19 yang semakin tak terkendali.  Sementara itu, FIFA juga sudah memberikan izin kepada operator liga dan federasi masing – masing negara untuk mengubah jadwal bursa transfer dan tenggat waktu kontrak, sesuai dengan waktu penyelesaian kompetisi. Jika liga berakhir lebih cepat, maka bursa transfer bisa dimajukan dan begitu juga sebaliknya.

Diketahui bahwa bursa transfer musim panas di Perancis normalnya dibuka pada 1 Juli. Akan tetapi, akibat Liga Perancis musim 2019-2020 selesai lebih dulu, sehingga bursa transfer musim panas 2020-2021 dimajukan hampir satu bulan. Meskipun demikian, pihak LFP juga menegaskan kalau perubahan jadwal tersebut hanya berlaku dalam transfer antar-klub lokal. Hal ini berarti bahwa pemain yang dibeli klub asal Perancis dari klub asal Perancis lainnya sudah bisa pindah setelah bursa transfer dibuka pada 8 Juni. Namun, untuk bisa membeli pemain dari klub negara lain, klub – klub Perancis dipastikan masih belum bisa.

Perubahan jadwal Liga Perancis tak berlaku pada transfer internasional

Perubahan jadwal Liga Perancis tak berlaku pada transfer internasional, akan tetapi klub – klub Liga Perancis masih bisa bernegosiasi dengan klub dari negara lain. Namun, pemain yang diakuisisi belum tercatat sebagai bagian dari klub Perancis yang membelinya. Contohnya, klub Paris Saint-Germain membeli pemain dari Lyon (domestik) dan klub Juventus (internasional). Untuk pemain dari Lyon sudah bisa masuk sebagai bagian dari skuat PSG setelah 8 Juni. Sementara pemain yang dibeli dari Juventus masih belum bisa.

Sementara itu, pihak LFP menegaskan bahwa mereka masih akan berdiskusi mengenai kapan bursa transfer internasional musim panas 2020-2021 akan dibuka. Begitu juga dengan waktu kapan bursa transfer tersebut akan ditutup. Menurut pernyataan LFP, mereka masih perlu berdiskusi dengan operator liga dari negara – negara lain sebelum memutuskan dua hal tersebut. Seperti yang diketahui bahwa negara – negara lain masih belum menentukan kapan bursa transfer musim panas 2020-2021 akan dibuka. Sebut saja, Bundesliga belum selesai, bahkan negara lainnya seperti Spanyol dan Italia nampaknya juga bersiap melanjutkan musim ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here