Klub Liga Perancis

FFSPORTZ.COMLiga Perancis – Dengan dihentikannya semua laga baik Ligue 1 dan Ligue 2 atau liga Perancis banyak yang mengalami masalah finansial. Mereka kehilangan pemasukan karena tidak ada pemasukan dari hak siar penjualan tiket dan sponsor. Maka dari itu penyelenggara Liga Perancis (LFP) memutuskan untuk mengambil pinjaman yang dijamin oleh negara. Ada sumber yang mengatakan kalau pihak LFP meminjam dana sebesar 225 juta euro atau sekitar Rp 3,6 triliun. Tentu dengan tujuan untuk membantu klub – klub yang kesulitan finansial imbas dari pandemi corona di seluruh dunia.

Stasiun televisi tidak membayar klub karena musim dihentikan

Pemerintah Perancis telah memperkenalkan skema peminjaman pada akhir Maret kemarin. Hal ini ditujukan kepada semua perusahaan yang terdampak pandemi dan setidaknya 70% pinjaman tersebut dijamin negara. Fasilitas pinjaman ditawarkan pemerintah Perancis untuk perusahaan dengan kredit maksimal 25 persen dari pendapatan perusahaan dan jatuh temponya lima tahun. Menurut pernyataan dari LFP, mereka mengatakan kalau ada sebanyak 40 klub di Ligue 1 dan Ligue 2 Liga Perancis sepakat untuk meminta pinjaman pada sidang umum yang telah berlangsung pada senin kemarin. Bukan hanya finansial klub – klub Liga Perancis yang megalami gangguan finansial, akan tetapi pihak penyelenggara Liga Perancis (LFP) juga alami hal serupa. LFP bahkan mengajukan kredit ke Bank Investasi Perancis dengan bilai yang sangat besar untuk menyelamatkan klub – klub dari kebangkrutan

Sejumlah pinjaman itu terkait dengan kerugian yang diderita oleh klub – klub di dua divisi tersebut setelah dua stasiun TV tidak memberikan pembayaran final. Kedua TV tersebut yaitu Canal Plus dan beIN Sports. Kedua TV itu beralasan karena Liga Perancis tidak diselesaikan akibat pandemi corona. Pinjaman dana itu untuk menutup pendapatan hak siar untuk klub selama 5 April sampai 5 Juni, sehingga kedepannya klub masih bisa beroperasi. Canal plus juga alami kerugian dan mereka akan menghentikan kerja sama dengan LFP. Mereka hanya bersedia membayar 37 juta euro untuk laga yang sudah tayang sedangkan sisanya 110 juta euro tidak dibayarkan. Sedangkan beIN hanya membayar 10,6 juta euro yang seharusnya 15 juta euro. Sebagai informasi, LFP telah mengikat kontrak dengan kedua pemegang hak siar itu sejak 2016 – 2020.

Ligue 1 diakhiri setelah muncul pengumuman dari Perdana Menteri Perancis

Perwakilan LFP mengucapkan banyak terima kasih atas adanya pinjaman ini. LFP bisa memberikan dana tersisa dari hak siar untuk musim 2019-2020 kepada klub – klub di Ligue 1 dan Ligue 2.  Untuk diketahui bahwa kemarin Liga Perancis memutuskan untuk mengakhiri musim. Liga Perancis merupakan salah satu liga elite Eropa yang mengakhiri musim setelah Perdana Menteri Perancis Edouard Philippe mengumumkan bahwa musim ini tidak bisa dilanjutkan. Sementara untuk Liga elite lainnya seperti Liga Serie A Italia, Liga Inggris, Liga Jerman, dan laLiga Spanyol masih mencari solusi untuk mencari opsi demi melanjutkan musim.

Untuk juara Ligue 1 adalah klub Paris Saint-Germain dan LFP masih berharap dapat memulai musim depan pada akhir Agustus ini, ketika kesepakatan hak siar baru dengan grup asal Spanyol Mediapro dimulai. Seharusnya selama empat musim, Liga Perancis utama atau Ligue 1 bisa meraup 726,5 juta euro. Sedangkan untuk level kedua atau Ligue 2 dapat meraup 22 juta permusim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here