Legenda Hidup Tenis Indonesia Yayuk Basuki Berjuluk Si “Jaguar Asia”
jupiterlotto

FFSPORTZ.COM – Jika anda atau kamu yang cinta banget sama dunia tenis pasti sangat akrab dengan Novak Djokovic, Roger Federer, Rafael Nadal untuk tenis putra. Sedangkan untuk tenis putrid pastikenal dengan Maria Sharapova, Serena Wiliams, dan untuk dalam negeri barusan petenis muda, Priska M. Nugroho telah mengharumkan nama Indonesia di kancah tenis internasional.   Namun, bagaimana dengan nama petenis legendaries Indonesia? Sudahkah mendengar nama petenis Tanah Air Yayuk Basuki. Petenis dengan nama lengkap Sri Rahayu Basuki memang sering dikenal dengan nama Yayuk Basuki lahir di Yogyakarta pada 30 November 1970. Dia adalah seorang atlet tenis kebanggaan milik Indonesia. Yayuk Basuki dikenal dengan keahliannya dalam bermain tenis bahkan dia di beri julukan jaguar dari Asia.  Yayuk Basuki dikenal denga teknik Forehand yang sangat keras. Dia juga sempat dijuluki oleh wartawan Internasional sebagai Forehand Bazzoka, dimana teknik ini merupakan teknik andalannya.

Bakat bermain Tenis Yayuk Basuki sudah terlihat sejak usia 5 tahun

Dunia tenis tidak salah menjuluki Yayuk Basuki dengan beragam julukan. Bakat bermain tenis yayuk sudah terlihat sejak dirinya masih berumur 5 tahun. sejak umur tersebut, Yayuk sudah memainkan tenis untuk menyalurkan bakatnya. Setelah menamatkan bangku sekolah dasar di Yogyakarta, kemudian Yayuk melanjutkan menimba ilmu di SMP dan SMA di Ragunan, Jakarta. Dibalik bakatnya yang terasah sebagai atlit tenis ternyata ada peran sang ibu. Ibunda Yayuk memperkenalkan tenis dan sekaligus menjadi mentor atau pelatih dalam bermain tenis. Ketika usianya 13 tahun, yayuk bergabung dengan klub tenis Ragunan Jakarta pada tahun 1989. Di klub tenis tersebut, yayuk dilatih beberapa pelatih, akan tetapi menurut Mien Gondowidjojo, bungsu dari lima bersaudara tersebut menganggap bahwa pelatih sesungguhnya adalah orangtuanya sendiri.

Segudang prestasi Yayuk membuat dirinya menjadi terkenal di jagad tenis. Misalnya pada tahun 1997, yayuk pernah menembus perempat Final di Perancis Terbuka dan delapan besar Wimbledon. Dalam pertandingan tersebut, membawa Yayuk ke posisi 19 besar dunia. Karier Yayuk tercatat dimulai pada 1990 setelah dia bergabung dengan PB Pelita. Di tahun berikutnya Yayuk menjadi petenis pertama yang menjuarai turnamen professional.

Jatuh bangun karier pernah dialami Yayuk di jagad tenis profesional

Meskipun memiliki karier yang sangat gemilang, namun nama besar yayuk juga pernah mengalami masa terpuruk. Nama Yayuk Basuki pernah di coret dari tim Fed Cup Indonesia karena dia dan suami Suharyadi dianggap telah lancang menulis surat ke bdan dunia tenis wanita. Dalam surat tersebut, yayuk berkeinginan untuk memilih lapangan tempat tim Indonesia bertanding. Akan tetapi hal tersebiut tidak mematahkan semangat Yayuk Basuki. Pada tahun 1997, akhirnya Yayuk berhasil memperoleh enam gelar tunggal WTA Tour dan Sembilan gelar dari nomor ganda.

Dari sekian banyak prestasi yang diraih yayuk, prestasi terbaik Yayuk dicapai pada turnamen Grand Slam adalah dengan mencapai babak perempat final Wimbledon.  Kemudian pada tahun 1999 yayuk pernah mundur dari tenis karena sedang hamil anak pertamanya dengan Suharyadi. Satu tahun berikutnya, Yayuk kembali ke jagad Tenis untuk mengikuti WTA Tour Pattaya Muangthai 200 dan berpasangan dengan carroline Vis dan berhasil menjadi juara.  Pada tahun 2004 yayuk kembali pensiun dan mendirikan perusahaan PT Yarynara 19 yang bergerak di bidang periklanan dan event organizer olahraga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here