Legenda Bulutangkis Indonesia Yang Getarkan Jagad Bulutangkis Dunia

FFSPORTZ.COM – Jika saat ini perbulutangkisan Indonesia telah diisi nama beken seperti Jonathan Cristie, Duo Minions, The Daddies, Praveen/Melati, Apriyani, Liliyana/Tontowi dan lain sebagainya. Bagi pecinta Bulutangkis nama – nama tersebut sudah tidak asing lagi. Lalu bagaimana dengan legenda Bulutangkis Tanah air? Sudahkah kalian mengenal para legenda bulutangkis tersebut? Jika kamu pernah dengar dan bahkan sudah pernah melihat performa sang legenda maka memang benar bahwa Indonesia memiliki atlit – atlit tangguh bulutangkis sejak dulu. Ketangguhan para pebulutangkis tersebut bukanlah isapan jempol, terbukti dari banyaknya tirehan medali yang bisa dilihat hingga saat ini dan dunia Internasional pun juga mengakuinya.

Deretan legenda atlit bulutangkis Inodnesia

Masih ingat pasti dengan gelaran Olimpiade Rio 2016 kemarin, untuk cabang bulutangkis pada nomor ganda campuran Indonesia berhasil meraih medali emas yaitu pasangan Liliyana/Tontowi. Mereka hanya sedikit contoh bahwa sejak dulu atlit Bulutangkis Indonesia memang sangat diperhitungkan di kancah bulutangkis Internasional. Selain mereka masih ada sederetan nama – nama atlit bulutangkis Indonesia yang patut disimak demi rasa bangga terhadap bulutangkis tanah air dan khususnya rasa bangga terhadap bangsa Indonesia. Berikut deretan legenda para legenda atlit bulutangkis Indonesia

  1. Rudy Hartono

Tidak tanggung – tanggung ketika beliau masih berusia 18 tahun, Rudy hartono sudah meraih juara di All England. Tidak hanya itu, Rudy Hartono tercatat telah memenangkan All England sebanyak 8 kali dan Thomas Cup sebanyak 4 kali. Bahkan nama beliau diabadikan dalam Guiness Book of World Records pada tahun 1982.

  1. Liem Swie King

Nama Liem Swie King berhasil dengan Rudy Hartono pada final All England 1976. Sejak saat itu nama Liem Swie King disebut – sebut sebagai penerus kejayaan Rudy Hartono. Meski belum mengalahkan kedigjayaan Rudy, tetapi tercatat Liem telah membanggakan Indonesia dengan meraih juara 3 kali All England, 4 kali Sea Games, 1 kali Asian Games dan 3 kali Thomas Cup. Hebatnya, Liem memiliki Smash khas yang membuat beliau dijuluki “King’s Smash” serta mendapat penghargaan Badminton Hall of fame pada tahun 2004.

  1. Christian Hadinata

Di nomor ganda, Indonesia juga memiliki pebulutangkis andalan yaitu Christian Hadinata. Christian menjadi pemain bulutangkis terbaik dalam sejarah denga siapapun pasangannya. Hal ini dibuktikan dengan juara All England sebanyak 4 kali, Asian Games 2 kali, Juara Dunia 3 kali dan Thomas Cup 6 kali dengan pasangan yang berbeda – beda. Setelah pensiun, Christian Hadinata menurunkan ilmunya kepada Rexy dan juga Ricky Subagya.

  1. Tan Joe Hok

Tan Joe Hok alias Hendra Kertanegara merupakan pebulutangkis pertama Indonesia yang menjuarai All England untuk Indonesia yaitu pada tahun 1959. Diketahui bersama 6 atlit bulutangkis lainnya, beliau dijuluki “7 pendekar bulutangkis” setelah mampu merebut Piala Thomas dari juara bertahan, Malaysia. Tan Joe Hok pernah mendapat penghargaan sebagai Pelatih Olahraga pada tahun 1984.

  1. Alan Budi Kusuma

Pebulutangkis Alan Budi Kusuma tercatat belum pernah memenangkan All England atau Thomas Cup, akan tetapi beliau tetap menjadi pebulutangkis kebanggaan Indonesia. Alan Budi Kusuma berhasil menyabet medali emas pertama bagi Indonesia di nomor tunggal putra bulutangkis pada Olimpiade Barcelona 1992. Dengan kemenangan tersebut, beliau diberi Tanda Kehormatan Republik Indonesia Bintang Jasa Utama.  Selain lima nama legenda bulutangkis Indonesia tersebut masih ada nama pebulutangkis Taufik Hidayat dan Susy Susanti. Bahkan susy kini atif sebaga Kepala Bidang Prestasi di PBSI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here