Legenda Bulu Tangkis Taufik Hidayat

FFSPORTZ.COMBerita Bulutangkis – Sebagai negara yang dikenal dunia sebagai salah satu tim terkuat bulu tangkis dunia, Indonesia memiliki banyak atlet bulu tangkis kelas dunia. Ada nama atlet bulu tangkis legenda Indonesia seperti Rudi Hartono, Liem Swie King, Susy Susanti dan masih banyak lainnya. Pekan pertama bulan Mei 2020 ini, jagad bulu tangkis Indonesia dikagetkan dengan informasi dari salah satu legenda basket Indonesia, Taufik Hidayat. Ada apa dengan peraih medali emas Olimpiade 2004 Athena itu? apa yang sudah dilakukan Taufik?

Taufik Hidayat terlibat gratifikasi dana hibah KONI Pusat

Disaat dunia olahraga masih alami penghentian imbas dari virus corona, kabar cukup mengagetkan datang dari legenda bulu tangkis Indonesia era 2000-an, Taufik Hidayat. Taufik diduga terlibat dalam kasus gratifikasi dana hibah KONI Pusat dimana yang menyeret eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi pada Rabu, 6 Mei 2020 kemarin. Taufik Hidayat mengaku kalau dirinya hanya jadi kurir penerima uang untuk sang menteri. Uang yang dititipkan padanya itu menurut kabarnya mencapai Rp 1 milyar. Taufik menjadi saksi lantaran statusnya sebagai mantan staf ahli Menpora masa 2017-2018. Pada saat kejadian itu terjadi, kebetulan, pebulu tangkis asal Bandung itu juga menjabat sebagai wakil Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) 2016 – 2017.

Dalam penjelasannya kepada Hakim persidangan, Taufik hanya dimintai tolong oleh Imam Nahrawi melalui telepon. Kemudian, karena selaku teman dia akhirnya membantu. Akan tetapi, mantan pebulu tangkis nomor satu dunia itu tidak mengonfirmasi ke Imam Nahrawi kalau uang tersebut sudah dititipkan ajudan eks Menpora tersebut yang bernama Miftahul Ulum.  Dengan adanya pengakuan ini, Komisi pemberantasan Korupsi (KPK) akan terus mendalami perannya dalam gratifikasi dana hibah KONI Pusat tersebut. Perlu diketahui sebelumnya bahwa Taufik Hidayat sudah menjalani pemeriksaan oleh lembaga anti korupsi tersebut sejak Agustus 2019 lalu.

Sejumlah atlet dunia pernah tersandung masalah korupsi

Tercatat bahwa ada beberapa nama atlet yang pernah tersandung kasus korupsi di dunia. Keterlibatan atlet legendaris dalam jurang korupsi sebenarnya bukan hal baru. Jauh sebelum Taufik juga ada legenda sepak bola asal Brasil, yaitu Pele juga alami hal yang serupa. Pele dituduh menggelapkan uang bantuan Badan Anak Dunia (UNICEF) sebesar US $700 ribu atau sekitar Rp 10,5 milyar. Kemudian ada juga nama atlet Lamine Diack. Diack adalah mantan atlet yang pernah menjabat Presiden Federasi Atletik Internasional (IAAF) yang tersandung kasus korupsi sekaligus pencucian uang.

Sebagaimana diketahui bersama, Taufik Hidayat adalah ikon bulu tangkis Indonesia pada sektor tunggal putra. Dia adalah salah satu pebulu tangkis tunggal putra Indonesia yang menorehkan banyak kesuksesan hingga memiliki penggemar dari mancanegara. Selain memperoleh emas di Olimpiade 2004, atlet bulu tangkis yang diidolakan pebulu tangkis putri asal jepang, Aya Ohori  itu juga meraih gelar di Kejuaraan Dunia BWF 2005 di Anaheim, USA. Pria yang kini berusia 38 tahun itu pernah menjadi anggota tim beregu putra Indonesia saat Piala Thomas 2000 dan 2002. Setelah masanya, tim Merah Putih belum pernah meraih Piala Thomas lagi. Semoga memang Taufik tidak terlibat dengan korupsi dana hibah KONI Pusat itu sehingga dia bisa terbebas dari jeratan hukum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here