kareem abdul jabbar and bruce lee

FFSPORTZ.COMKareem Abdul Jabbar – Bagi penyuka bela diri, pasti sudah sangat akrab dengan legenda bela diri Bruce Lee. Sosok Bruce Lee memang sudah tidak ada, dia meninggal dunia pada 1973 silam. Nah, pada akhir pekan lalu, telah diputar film dokumenter ESPN dengan judul “Be Water”. Film dokumenter tersebut menceritakan kisah hidup aktor laga legendaris tersebut. Pada film dokumenter tersebut, secara mengejutkan ada sosok yang tidak asing, dia adalah legenda basket NBA, Kareem Abdul-Jabbar. Kareem Abdul-Jabbar terlihat sedang bertarung dengan Bruce Lee. Pertarungan dalam film tersebut tentu bukanlah pertarungan yang sesungguhnya, sebab itu merupakan hanya bagian dari film yang berjudul “Game of Death” dimana Kareem Abdul –Jabbar memerankan tokoh antagonis yang bernama Hakim.

Kareem Abdul-Jabbar mengaku pernah jadi murid Bruce Lee

Kareem Abdul-Jabbar merupakan mantan pemain bola basket profesional NBA berkebangsaan Amerika Serikat. Pebasket yang mengakhiri karier profesionalnya pada tahun 1989 diusia 42 tahun tersebut memang diketahui selain atlet dia juga seorang aktor. Tak hanya itu, mantan pebasket Lakers itu juga seorang Aktivis dan seorang penulis. Untuk di kancah basket, Abdul-Jabbar masih memegang rekor poin terbanyak sepanjang sejarah kompetisi NBA hingga saat ini. Pemilik gerakan Skyhook itu ternyata mengaku pernah menjadi murid Bruce Lee.

Pertemuan pertama Kareem Abdul-Jabbar dengan Bruce Lee diketahui saat dia masih berada di bangku kuliah di University of California (UCLA). Pada saat itu, Kareem Abdul Jabbar ingin melanjutkan studi seni bela diri yang sudah dirinya mulai saat tinggal di New York. Mereka dengan cepat saling kenal dan menjalin persahabatan serta hubungan guru-murid. Bruce Lee banyak mengajari Abdul-Jabbar disiplin dan spiritualitas dari seni bela diri. Pria yang kini berusia 73 tahun serta dengan nama asli Ferdinand Lewis Alcindor Jr. tersebut menuturkan bahwa nilai – nilai seni bela diri yang ditanamkan Bruce Lee sangat menunjang karier basketnya.

Bruce Lee berjasa pada karier basket Abdul-Jabbar

Salah satu legenda terbesar NBA dengan enam cincin juara tersebut menuturkan bahwa dirinya bisa bermain 20 tahun di NBA dikarenakan ada sosok Bruce Lee. Dari belajar bela diri dengan Lee, Abdul-Jabbar menjadi sosok yang lebih bertanggung jawab. Karena belajar banyak dari Lee, pemilik nomor kostum 33 sepanjang karier itu bisa kompetitif dan jarang mengalami cedera. Bruce Lee berjasa sekali pada perjalanan karier basket Abdul-Jabbar. Dan inilah salah satu kunci yang membuat Abdul-Jabbar menjadi salah satu master lemparan skyhook dinama membuat dirinya semakin dikenal dan menjadi bintang basket besar di NBA.

Kareem Abdul-Jabbar tercatat memulai karier NBA pada 1969 bersama klub Milwaukee Bucks. Bersama Bucks, dia berhasil meraih satu gelar juara NBA yaitu pada musim 1970 – 1971. Setelah enam musim membela Bucks, pada 1975 dia bergabung dengan LA Lakers. Bersama LA Lakers inilah, Abdul-Jabbar menuai banyak gelar dan prestasi, dia meraih kesuksesan luar biasa. Bersama Lakers, dia meraih banyak gelar NBA diantaranya pada 1979-1980, 1981-1982, 1984-1985, 1986-1987, dan 1987-1988. Kareem Abdul-Jabbar meraih enam kali gelar pemain terbaik (MVP) NBA . Tiga kali bersama Bucks dan tiga kali bersama Lakers. Kemudian, sampai saat ini, Kareem Abdul-Jabbar juga menjadi  pebasket NBA dengan penampilan terbanyak pada ajang All-Star Game yaitu 19 kali. Rekor yang diraih pebasket kelahiran New York itu masih belum ada yang memecahakan bahkan untuk sekelas mendiang Kobe Bryant, Michael Jordan dan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here