Legenda Bulu Tangkis Arbi Bersaudara

FFSPORTZ.COMLegenda Bulutangkis – Bagi anda yang masih belum lama menikmati olahraga bulu tangkis, mungkin masih sedikit kurang akrab dengan Arbi bersaudara. Namun, bagi anda yang sudah cukup lama mengikuti bulu tangkis tentu sudah sangat kenal dengan sosok mereka. Arbi bersaudara merupakan mantan pebulu tangkis Tanah Air yang telah sukses menggetarkan jagad bulu tangkis internasional lewat segudang prestasi membanggakan yang diraihnya. Era keemasan Arbi bersaudara di dunia bulu tangkis mulai tahun 1970 hingga pada 1990-an.

Arbi bersaudara mampu getarkan jagad bulu tangkis Internasional

Arbi bersaudara lahir dari pasangan Ang Tjin Bik (Arbi) dan Goei Giok Nio (Sri Hastuti) itu adalah Hastomo Arbi, Eddy hartono dan Hariyanto Arbi. Mau lebih dekat dengan sosok legenda bulu tangkis Tanah Air yang mampu getarkan jagad bulu tangkis Internasional tersebut? Berikut informasi tentang mereka selengkapnya.

  1. Hastomo Arbi

Hastomo Arbi merupakan atlet tunggal putra bulu tangkis kelahiran Kudus, 5 Agustus 1958 silam. Hastomo merupakan salah satu pebulu tangkis dari skuad bulu tangkis Indonesia dalam merebut Piala Thomas 1984 di Kuala Lumpur, Malaysia. Dia tercatat berhasil menjadi runner up lima kali di turnamen Indonesia Open, Malaysia Open, Tiongkok dan Chinese Taipei Open. Sulung dari keluarga Arbi itu berperan penting dalam merebut emas di SEA Games 1979,1981 dan 1983.

  1. Eddy Hartono Arbi

Tak kalah membanggakan dengan sang kakak, adik dari Hastomo Arbi, Eddy Hartono Arbi juga mampu menorehkan prestasi gemilang. Berbeda dengan Hastomo yang bermain di sektor tunggal, Eddy memilih sektor ganda putra dan campuran. Saat di ganda campuran, Eddy banyak berpasangan dengan pemain – pemain hebat seperti Erma Sulistianingsih dan Verawaty Vajrin. Bersama Erma, Dia meraih gelar Indonesia Open pada 1988, sementara saat bermain dengan Verawaty sukses meraih podium juara di turnamen Indonesia Open 1989, Ducth Open 1989, Malaysia Open 1988, meraih medali perak di Kejuaraan Dunia Bulu tangkis di Jakarta pada 1989 dan Asian Games 1990.

Sementara untuk di ganda putra, Eddy juga menorehkan prestasi yang sangat luar biasa. Dia tercatat berpasangan dengan nama – nama besar bulu tangkis Indonesia seperti Hadibowo, Liem Swie King, Rudy Gunawan, dan juga  Richard Mainaky. Eddy terbilang cukup raih kesuksesan ketika berduet dengan Rudy Gunawan dengan meraih perak di Olimpiade. Eddy Hartono juga menjadi bagian dari tim Indonesia yang meraih gelar Piala Sudirman untuk pertama kalinya yaitu pada 1989 dan Piala Thomas pada 1994.

Selain itu, dia juga menjadi bagian dari skuad bulutangkis Indonesia yang meraih gelar Piala Sudirman untuk kali pertama pada tahun 1989 dan Piala Thomas pada tahun 1994. Ganda Eddy Hartono/Rudy Gunawan meraih emas di All Englad 1992, World Grand Prix Finals 1990 dan lainnya.

  1. Hariyanto Arbi

Legenda Arbi Bersaudara terakhir adalah Hariyanto Arbi. Pria kelahiran 21 Januari 1972 tersebut bermain seperti Si Sulung yaitu di sektor tunggal putra. Meski tak mampu membawa Piala Sudirman kembali, Hariyanto Arbi mampu merebut Piala Thomas sebanyak empat kali diantaranya pada 1994, 1996, 1998 dan 2000. Kemudian, pada gelaran Asian Games 1994, dia mampu meraih emas di nomor tunggal maupun beregu secara bersamaan. Pada SEA Games 1993 dan 1997, Hariyanto meraih emas. Kemudian juga meraih Juara Dunia pada tahun 1995 serta masih banyak lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here