Lin Dan
jupiterlotto

FFSPORTZ.COMLin Dan – Legenda hidup bulu tangkis asal Tiongkok, Lin Dan, telah pensiun pada 4 Juli 2020 lalu. Pengumuman gantung raket Lin Dan tersebut dilakukannya melalui media sosial. Selain faktor usia, alasan pensiun dari pebulutangkis yang berjuluk Super Dan itu adalah kerap didera rasa sakit akibat cederanya. Lin Dan telah merengkuh seluruh gelar major event dalam turnamen bulu tangkis dunia. Atlet bulu tangkis 37 tahun itu telah mendedikasikan segalanya untuk olahraga yang di cintai itu. Ayah satu anak itu mengatakan bahwa keluarganya, pelatih, rekan – rekan bulu tangkis dan juga penggemar telah menemani dirinya melewati banyak masa bahagia dan momen sulit. Jika melihat karier lalu pencapaian yang fantastis yang diraih oleh Lin Dan tentu ada sesuatu dibaliknya.

Sosok dibalik kesuksesan Lin Dan sebagai atlet bulu tangkis

Jika melihat catatan bermainnya, Lin Dan sudah berkarier selama 20 tahun. Banyak prestasi bergengsi yang sudah dia ukir, bahkan dua medali emas di Olimpiade hingga lima kali juara dunia pun dia rebut. Dimulai sejak tahun tahun 2000 sampai 2020, akhirnya dia harus mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional. Sangat sulit untuk mengatakan dengan lantang kalau dirinya harus mundur dari bulu tangkis dimana merupakan olahraga yang telah membesarkan namanya. Pada umumnya atlet yang bermain, pasti ada motif atau alasan mengapa mereka berambisi untuk meraih prestasi setinggi-tingginya. Tidak hanya sekedar suka, cinta atau hobi pasti ada sesuatu atau sosok di balik kesuksesan sang atlet dalam meraih prestasi atau juara misalnya pelatih, keluarga, orang tercinta atau yang lain.

Kali ini telah terungkap bahwa ada sosok yang mampu membuat Lin Dan menjadi raja dari bulu tangkis dunia. Meski telah pensiun, ada pengakuan mengejutkan dari Lin Dan. Ia mengungkap sosok yang membuatnya menjadi pemain tangguh dan meraih sederet prestasi. Menurut Lin Dan, hal yang menjadikannya semakin mengerikan dalam setiap pertandingan bukan karena sang pelatih atau yang lain. Sosok lawan yang kuat seperti Lee Chong Wei lah yang berpengaruh dan menjadikannya makin tahan banting. Dari penjelasannya, kekuatan Lee Chong Wei justru membuat Lin Dan meningkatkan kapasitasnya sebagai pemain bulu tangkis.

Lawan hebat Lin Dan lebih penting ketimbang pelatih

Pernyataan lawan hebat jadi sosok dibalik kesuksesan Lin Dan sebagai raja bulu tangkis dunia bukan semata – mata spekulasi penggemar. Menurut laporan dari situs resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) pada Rabu 29 Juli 2020, Lin Dan mengatakan sendiri bahwa kadang – kadang  memiliki lawan yang hebat itu lebih penting daripada pelatih. Kekuatan dan ketekunan lawan benar – benar mendorongnya. Dia menjelaskan bahwa lawan – lawan akan membuat seseorang mampu meningkatkan kapasitas diri.

Lin Dan mengaku bahwa Lee Chong Wei adalah atlet yang hebat. Lee Chong Wei berlatih sangat keras setiap hari untuk berada dalam kondisi terbaik sehingga dia bisa mengalahkan Lin Dan dan menjadi juara. Sebagai informasi tambahan mengenai sosok Lin Dan, Sang raja bulu tangkis dunia. Selain dua kali menjuarai Olimpiade dan lima kali Kejuaraan Dunia, Lin Dan juga meraih enam kali All England dan masih banyak lainnya, sehingga dianggap dia sebagai pemain bulu tangkis tunggal putra terhebat dalam sejarah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here