NBA Orlando

FFSPORTZ.COMNBA Orlando – Apa yang muncul dibenak para pecinta basket NBA ketika ditanya bagaimana jalanya pertandingan lanjutan yang digelar di Orlando nanti? Mungkinkah hanya fokus pada atlet dan laga yang seru dan menarik karena sudah lama tak menyaksikan para atlet idolanya beraksi. Ada yang memimikirkan bagaimana dengan venue atau arena digelarnya laga? Belakangan ini telah diinformasikan mengenai arena untuk laga NBA di Orlando. Tidak ada kursi panjang untuk bangku cadangan pemain. Kemudian penyiar tidak ada di tepi lapangan, lalu petugas pertandingan dan pencatat statistik bekerja di dalam kotak kaca.  Seperti itulah tampilan baru meja pertandingan dan bangku cadangan dalam lanjutan NBA.

Tampilan baru arena pertandingan laga lanjutan NBA Orlando

Liga basket akan kembali digelar pada Rabu waktu Amerika Serikat yang dimulai dengan laga uji coba dari 22 tim peserta. Moto dari pemasaran untuk lanjutan NBA di kompleks Disney World Orlando adalah “Whole New Game”. Rasanya memang terdengar seperti kalimat familiar dari film Aladin. Tapi memang dalam beberapa hal, tampilan NBA benar – benar baru. Terutama dilihat dari sisi tampilan pada arena pertandingan di Orlando ini. Tampilan baru ini mulai diterapkan pada arena untuk uji coba, sementara untuk pertandingan resmi baru akan dimulai pada 30 Juli. Kemudian, berlanjut hingga babak playoff yang berlangsung di pertengahan Agustus hingga Oktober.

Karena masih dalam masa pandemi virus corona, meja pertandingan juga menyesuaikan dengan protokol kesehatan. Kepala pelatih Los Angeles Clippers, Doc Rivers mengatakan bahwa pihak liga benar – benar hebat. Rivers menegaskan bahwa pihak NBA telah melakukan semua hal untuk memenuhi standar keamanan dan keselamatan semua orang. Dan ini benar – benar terjadi di Orlando. Tempat duduk pemain cadangan dibuat tiga baris, bukan dua baris seperti biasanya. Untuk kursinya memakai kursi lipat, sehingga bisa diberi jarak satu sama lain. Bukan saling berdampingan seperti pertandingan pada keadaan normal. Untuk dimensi lapangan memang tidak berubah, tapi di garis tengah diberi tulisan “Black Lives Matter”, seperti yang sudah dijanjikan pihak NBA beberapa waktu lalu.

NBA memikirkan semuanya agar petugas tetap bisa menjaga jarak sosial

Untuk area meja pertandingan tampil beda. Ini merupakan meja yang biasanya berisi pencatat skor, pencatat waktu dan petugas statistik. Sekarang meja tersebut ditutup dengan kaca. Kemudian, penyiar yang biasanya ada di pinggir lapangan, sekarang mundur lebih jauh lagi hingga ke bangku penonton.   Sementara itu, monitor untuk instant-replay, jika biasanya ada di meja pertandingan, kini berada di sudut arena. NBA benar – benar memikirkan segala cara agar semua petugas tetap bisa menjaga jarak sosial.

Sesuai sedikit disinggung diatas, laga uji coba akan digelar pada Rabu 22 -28 Juli waktu Amerika Serikat. Pada kesempatan itu, semua akan merasakan hal yang benar – benar baru di laga lanjutan kali ini. Bahkan untuk wasit dan petugas pertandingan mungkin juga harus beradaptasi dengan suasana baru. Untuk klub peserta laga lanjutan, mereka akan menerapkan aturan baru. Seperti pemanasan hanya diberi waktu 10 menit, bukan 12 menit seperti biasanya. Tidak ada pemutaran lagu kebangsaan dan tidak ada perkenalan pemain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here