Laga Lanjutan NBA
jupiterlotto

FFSPORTZ.COMNBA – Gelaran laga lanjutan NBA musim 2019-2020 segera akan dimulai. Direncanakan para ke 22 peserta NBA  akan terbang ke Orlando, Florida pada 7 Juli nanti. Pihak NBA dan asosiasi pemain profesional, NBPA telah membuat kesepakatan untuk mengizinkan para pemain menyematkan pesan sosial di atas nomor punggung jersey masing – masing ketika musim 2019/2020 dilanjutkan. Seperti yang sudah banyak diberitakan bahwa laga lanjutan NBA musim ini akan digelar di satu tempat yaitu kompleks Disney World Orlando, Florida, Amerika Serikat pada 30 Juli mendatang. Pesan sosial tersebut merupakan bentuk respon dari tindak rasisme yang dialami warga kulit hitam George Floyd, yang beberapa waktu sempat gemparkan negeri Paman Sam itu.

NBA izinkan pebasket sematkan pesan sosial di atas nomor punggung

Menurut laporan dari ESPN pada Sabtu dini hari tadi, para pemain telah diinformasikan terkait kesepatakan tentang pesan sosial. Para pemain diizinkan untuk sematkan pesan sosial di atas nomor punggung mereka untuk empat hari pertama pada laga lanjutan musim ini.  Kemudian, setelah empat hari pertama para pemain diperbolehkan untuk tetap menyematkan pesan sosial masing – masing, namun nama pebasket akan tetap berada di bawahnya. Meskipun begitu, kesepakatan itu tidak mengharuskan para pemain untuk menyematkan pesan sosial di jersey masing – masing. Kesepatan ini berlaku bagi mereka yang mau melakukannya.

Dikutip dari ESPN, Pihak NBA dan NBPA telah memberikan sejumlah pesan sosial yang diperbolehkan untuk disematkan pada jersey pemain. Misalnya,  “Black Lives Matter”, “Ally”, “Anti-Racist”, “Say Their Names”,”I Can’t Breathe”,  “Vote”, “Justice”, “Peace”, “Equaility”, “Freedom”, “Enough”, “Power to the People”,”Say Her Name”,  “Justice Now”, “Si Se Puede”,“I Am A Man”,  “Liberation”, “See Us”, “Hear Us”, “Respect Us”, “Love Us”, “Listen”, “Listen to Us”, “Speak Up”,”Power to the People”, “How Many More”, “Group Economics”, “Education Reform”, “Mentor” dan “Stand Up”.

Para pebasket NBA suarakan pesan sosial selama lanjutan musim

Pernyataan personal tersebut menjadi bagian dari daftar panjang pesan sosial yang bisa disuarakan para pemain selama sisa lanjutan musim ini. Sebelumnya, pihak NBA dan NBPA pada 24 Juni lalu juga sudah mengumumkan kesepakatan untuk mendorong perjuangan untuk menghapuskan segala tindakan rasialisme secara sistematis dan menjadikannya salah satu fokus dari kelanjutan musim ini.

Pada awal pekan ini, media saluran milik ESPN menyatakan bahwa para pemain memutuskan untuk tidak menggunakan nama korban – korban kekerasan polisi maupun kejadian yang bermotif rasial lainnya di jersey mereka. Hal ini dikhawatirkan akan menyinggung keluarga maupun orang – orang dekat serta kesulitan meminta izin atas hal tersebut. Sebagai pengingat saja, banyak pemain NBA yang turun langsung ke jalan untuk demonstrasi dan bersuara di media sosial sebagai bentul respon atau solidaritas terhadap kematian Gearge Floyd pada 25 Mei dan Breonna taylor pada 13 Maret di Louisville, Kentucky. Bahkan legenda basket Michael Jordan berikan dana bantuan yang cukup fantastis demi membantu dalam melawan aksi rasisme ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here