Bastian Tamtomo Putro

FFSPORTZ.COMVoli Indonesia – Kompetisi bola voli paling bergengsi Proliga 2020 sudah dihentikan tanpa ada peraih gelar juara. Apalagi kalau bukan karena pandemi corona di Indonesia. Meskipun bergengsi namun untuk peserta Proliga sejak dulu hanya sedikit dan dari ajang ke ajang jumlah pesertanya semakin sedikit. Alasan yang beredar dikarenakan biaya pendaftaran mahal dan harus mengeluarkan biaya yang besar selama jalannya kompetisi. Kemudian dari sisi peserta lainnya, sebagaimana diketahui bahwa di ajang Proliga 2020 ini ada pendatang baru yaitu tim Lamongan Sadang MHS. Meskipun pendatang baru, ada sejumlah pemain profesional yang memperkuat Lamongan Sadang MHS, salah satunya Libero Nasional, Bastian Tamtomo Putro.  Kali ini akan kami berikan informasi tentang pevoli Bastian Tamtomo putro.

Kiprah Bastian Tamtomo Putro bersama Palembang Bank SumselBabel

Sebelum membela Lamongan Sadang MHS, pevoli Bastian Tamtomo Putro dikenal sebagai pevoli putra Palembang Bank SumselBabel. Dengan posisi sebagai Libero, bastian bersama timnya optimis bisa memenangkan Proliga 2017. Selain itu, ada pelatih Palembang Bank SumselBabel pada saat itu adalah Syamsul Jais bersama dengan kebijakan manajemen yang merubah total komposisi pemainnya. Dan bastian masuk dalam skuat Palembang Bank Sumsel Babel. Berlanjut di Proliga 2018, hingga Proliga 2019, Bastian Tantomo Putro masih menjadi skuat andalan Palembang Bank SumselBabel.

Bergabung dengan skuat baru atau debutan di Proliga 2020, Bastian siap berjuang membawa Lamongan Sadang MHS juara. Bastian di Lamongan Sadang MHS tidak sendirian, ada pevoli – pevoli profesional yang sudah lama bermain di Proliga. Ada mantan pevoli dari klub Surabaya Bhayangkara Samator, Mahfud Nurcahyadi, lalu ada Dimas Saputra Pratama, kemudian ada lagi Antho Bertyawan. Tak lupa juga sang pelatihnya, Lamongan Sadang MHS dilatih oleh Putut Mahaento dimana adalah pelatih voli senior di Tanah Air.

Bastian Tantomo Putro memperkuat Timnas sebagai Libero

Pada ajang Asian Games 2018 Indonesia terpilih sebagai tuan rumah. Untuk cabang olahraga voli Indonesia berpenampilan cukup baik. Dalam ajang ini Indonesia ada dua wakil yaitu Indonesia I (INA 1) dan Indonesia 2 (INA 2). Pada ajang ini tim Indonesia (INA 2) berhasil keluar sebagai juara. Untuk Tim INA 1 mayoritas diisi pevoli dari klub Jakarta Pertamina Energi dimana mereka adalah juara Proliga 2017. Sementara untuk tim INA 2 kebanyakan diisi oleh skuat Palembang Bank SumselBabel dimana sebagai Runner up-nya. Pevoli Bastian Tantomo Putro masuk ke dalam skuat INA 2 ini.

Namun dalam pertandingan ini ada kisah yang kurang menyenangkan datang dari pevoli yang lahir pada 17 April 1992 ini ketika dalam tahap test event Asian Games 2018. Pada laga final ini tim INA 2 menang setelah melakukan pertandingan yang sangat sengit yang digelar di kompleks Gelora Bung Karno (GBK). Tim INA 2 sempat tertinggal dua set pertama, lalu dengan ditariknya Bastian Tamtomo Putro dan diganti dengan Muhamad Kadavi jalan permainan tim INA 2 semakin lebih bagus. Tidak hanya bermain di Asian Games 2018, pevoli berpostur 177 cm itu juga menjadi Libero di timnas Indonesia putra di ajang SEA Games 2019 Filipina. Bastian dan kawan – kawan berhasil membawa Indonesia raih emas di ajang dua tahunan Asia Tenggara itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here