Kim Yeon Koung

FFSPORTZ.COMKim Yeon Koung – Di kawasan Asia, selain Jepang dan Tiongkok, Korea Selatan merupakan negara yang sangat menggemari olahraga bola voli.  Setelah kemarin membahas para atlet pria Korea Selatan yang tampan dan rupawan, sekarang ada informasi mengenai pevoli wanita yang cukup terkenal di Korea Selatan bahkan namanya juga sudah mendunia. Pevoli wanita luar biasa tersebut yaitu Kim Yeon Koung. Tercatat sudah 11 tahun dirinya berkiprah di berbagai klub voli internasional. Kapten tim nasional Korea Selatan itu memutuskan untuk bermain kembali di negara asalanya mulai musim ini.

Kepindahan Kim Yeon Koung ke Korea Selatan dilandasi rasa kemanusiaan

Ketika kembali bermain di Korea Selatan, Kim Yeon Koung menandatangani kontrak selama satu tahun dengan Heungkuk life Pink Spiders. Klub tersebut merupakan klub yang dibela Yeon Koung sewaktu meniti awal karir di olahraga voli. Dengan setuju untuk bermain bersama Heungkuk life Pink Spiders, maka Yeon Koung siap dengan segala konsekuensinya. Peraih MVP Liga Champons CEV dan Best Outside Spiker FIVB Club World Championship itu menyetujui besaran gaji yang sangat jauh berbeda dengan klub sebelumnya. Yeon Koung menerima jauh lebih rendah dari pendapatannya ketika membela klub di luar negeri.  Kim Yeon Koung hanya akan mendapat gaji US $ 290 ribu atau sekitar Rp 350 juta setahun. Sementara di klub voli Turki, Eczacıbaşı Vitr, ia mendapat gaji US $1,6 juta atau kurang lebih 2 miliar.

Kemudian, pada sebuah wawancara dengan harian olahraga Korea Selatan, Kim Yeon Koung mengatakan bahwa keputusannya untuk kembali ke negaranya dilandasi rasa kemanusiaan. Ia kembali ke Negeri Ginseng itu sebab tidak ingin pemain lain mengalami pemotongan gaji ditengah pandemi virus Covid-19 yang saat ini sedang melanda. Selain itu, karena memang kalender kompetisi di liga – liga voli di luar negeri juga belum jelas. Sementara itu, ketika di Korea Selatan, meskipun jadwal belum jelas, perempuan cantik itu akan memiliki kondisi yang sangat baik untuk mempersiapkan Olimpiade Tokyo.

Pevoli Kim Yeon Koung Sangat Mencintai Korea Selatan

Seperti yang sedikit disinggung sebelumnya, Kim Yeon Koung melakukan debut profesionalnya dengan klub Korea Heungkuk life Spiders pada tahun 2005. Kim berseragam Heungkuk life Spiders selama empat musim. Selama membela klub tersebut, Kim telah mencatatkan hasil yang luar biasa. Ia mampu membawa Pink Spiders menjuarai kompetisi dengan tiga kali kemenangan dan satu kali sebagai finalis. Kim selanjutnya bermain di luar negeri yakni di Jepang, Turki dan Tiongkok dengan total waktu selama 11 tahun. Saat di Turki, Kim bermain dua musim bersama Eczacibasi VitrA Istanbul dan berperan penting pada kemenangan klub tersebut di ajang Piala Super Turki.

Di sisi lain, ketika berbicara mengenai Olimpiade Tokyo pada 2021 mendatang, pevoli yang kini berusia 32 tahun itu bertekad ingin membawa Korea Selatan meraih emas. Dengan kembali ke Korea, ia bisa memainkan peran kunci saat dirinya bersiap untuk mencapai tujuan itu. Pada 2012 lalu, Kim dan skuad Timnas Korea Selatan hampir meraih medali yaitu di Olimpiade London usai menempati posisi keempat. Menurut laporan dari AVC, Kim mengatakan bahwa dirinya sedang memikirkan bagaimana ia bisa terus bermain dan mempertahankan performanya sebelum Olimpiade. Ia ingin berada dalam kondisi  terbaik untuk Olimpiade tahun depan dan mewujudkan impian terakhir saya yang tersisa. Medali Olimpiade merupakan keinginannya melebihi apapun dan dirinya perlu untuk berkorban untuk melakukan itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here