Turnamen Citi Open

FFSPORTZ.COMTurnamen Citi Open 2020 – Sebelum turnamen Western & Southern Open dan US Open, ada turnamen tenis lain yang sama – sama diselenggarakan di Amerika Serikat. Turnamen tersebut adalah Citi Open 2020 dimana masuk dalam kategori ATP Tour 500. Citi Open terpaksa dibatalkan atas alasan pandemi virus corona atau Covid-19 di Negeri Paman Sam yang belum mereda. Berbeda dengan turnamen Western & Southern Open dan US Open yang digelar di New York, untuk Citi Open ini rencananya akan digelar di Ibu Kota Amerika Serikat, Washington D.C pada 13 Agustus mendatang.

Turnamen Citi Open 2020 dibatalkan karena pandemi Covid-19 belum reda

Ketidakpastian situasi pandemi Covid-19 membuat keputusan untuk membatalkan Citi Open dianggap yang terbaik oleh pihak ATP dan penyelenggara. ATP juga terus berkomunikasi dengan USTA terkait Western & Southern Open dan US Open yang dijadwalkan bakal digelar berurutan mulai 20 Agustus 2020 mendatang. Menurut ketua ATP, Andrea Gaudenzi menyatakan bahwa sungguh mengecewakan karena belum pernah terjadi sebelumnya, turnamen Citi Open tidak akan digelar tahun ini. Gaudenzi menyadari bahwa hal ini sulit bagi sang presiden Citi Open, Mark Ein.

Pihak dari Citi Open sedang dalam upaya beradaptasi terhadap kondisi baru dan selalu berubah ini. Andrea Gaudenzi menegaskan ATP sangat menghargai komitmen panitia Citi Open yang telah bekerja sangat luar biasa untuk tetap bisa menggelar turnamen. Faktor besar yang berperan di luar kendali pihak ATP yakni virus Covid-19 yang menjadi penghambat saat ini. Pihak Gaudenzi menantikan Citi Open sebagai salah satu ajang khas Amerika pada 2021. Sang Presiden Citi Open memahami keputusan membatalkan Citi Open 2020 karena tidak ingin kembali terulang apa yang telah menimpa turnamen yang digagas Novak Djokovis yakni Adria Tour.

Berbagai event olahraga di Amerika Serikat harus ditunda dan dibatalkan

Mark Ein menuturkan bahwa setelah kerja keras selama berbulan – bulan yang dilakukan oleh pihaknya dan kolabirasi bersama pemegang saham, dengan berat hati mereka harus mengumumkan bahwa Citi Open harus menunda gelaran ke-52 hingga 2021. Dengan 23 hari tersisa sebelum turnamen, ada begitu banyak masalah eksternal yang belum teratasi. Termasuk pembatasan wisatawan, kesehatan, dan keamanan.

Amerika Serikat memang belum bisa mengatasi penyebaran virus corona yang semakin hari semakin masif dan terus mengalami lonjakan kasus positif. Berdasar laporan dari Worldometers, per Selasa 21 Juli 2020, kasus positif Covid-19 di Amerika Serikat telah mencapai lebih dari 3,97 juta. Hal ini yang membuat Negeri Adidaya itu harus menunda dan membatalkan berbagai gelaran olahraga  demi membuat para atlet tetap dalam kondisi aman. Sementara itu, ATP juga terus bekerja menyusun kalender 2020 yang telah direvisi dengan pembaruan lebih lanjut mengingat pandemi masih berlangsung. Harapanya semoga kalender sudah selesai dibuat dalam dua pekan ke depan, termasuk bagian akhir musim hingga final Nitta ATP November mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here