Malaysia Open 2020
jupiterlotto

FFSPORTZ.COMMalaysia Open 2020 – Akhirnya setelah kompetisi bulu tangkis terhenti sejak 16 Maret 2020, Beberapa waktu lalu pihak Federasi Bulu Tangkis Dunia atau BWF telah merilis jadwal turnamen terbaru. Jadwal tersebut merupakan jadwal yang sudah dilakukan revisi yaitu pada jumat 22 Mei 2020.  Dalam jadwal itu ada turnamen Malaysia Open 2020, kemudian pihak penyelenggara mengaku siap untuk menggelar kompetisi. Sang penyelenggara Malaysia Open 2020,  Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) berkomitmen untuk tetap menyediakan hadiah berupa uang sebagaimana mestinya atau jumlahnya tetap sesuai rencana walau masih dalam suasana pandemi Covid-19. Selain itu, semua kompetisi bulu tangkis usai penangguhan terancam kehilangan pemasukan dari uang tiket dalam jumlah yang cukup besar.

Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia siap gelar turnamen Malaysia Open 2020

Sedikit mengingatkan saja, jadwal Malaysia Open 2020 sebelum dilakukan penundaan sedianya akan digelar pada 31 Maret – 5 April 2020. Namun akibat pandemi Corona akhirnya memaksa Malaysia open 2020 dan juga turnamen bulu tangkis lainnya juga ditangguhkan. Kemudian, berdasarkan jadwal yang terbaru, turnamen Malaysia Open 2020 mendapat slot untuk digelar di Axiata Arena, Bukit Jalil pada 24 -29 November 2020. Lalu bagaimana dengan pihak penyelenggara? Dengan tegas pihak penyelenggara yaitu Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia atau BAM siap menggelar turnamen bulu tangkis tersebut.

Bagi yang belum mengetahui,  Malaysia Open ini termasuk kategori BWF World Tour Super 750. Tentu dengan kategori tersebut pihak penyelenggara harus menyediakan hadiah yang terbilang cukup besar. Pada tahun ini BAM menyediakan uang hadiah atau Prize Money sebesar 750 ribu dolar Amerika Serikat atau kurang lebih sekitar Rp 11 milyar dimana menjadi syarat minimal dari BWF. Jumlah Prize Money ini sama dengan yang disediakan oleh empat turnamen lain dengan level yang setara. Namun untuk kali ini, level tersebut menyediakan uang hadiah yang lebih besar dengan naik US $50 ribu dolar dibandingkan dengan edisi sebelumnya yaitu tahun 2019.

Sekretaris BAM tak permasalahkan uang hadiah tapi penonton

Menurut penuturan sekretaris BAM, Datuk Kenny Goh mengatakan kalau pihaknya siap menyelenggarakan Malaysia Open. Mereka juga siap untuk memenuhi persyaratan dari BWF terkait jumlah uang hadiah yang ditawarkan.  Sebab pada saat BAM mengajukan diri menjadi tuan rumah dengan sistem World Tour yang baru pada 2018 lalu, mereka tahu kalau jumlah hadiah merupakan hal yang penting dan harus disanggupi penyelenggara. Namun, siapa yang menyangka jika wabah virus corona telah merebak. BAM akan tetap menghormati komitmen jika kompetisi dilanjutkan.

Kenny Goh menjelaskan bahwa bagi Malaysia Open, jumlah uang hadiah tidak dipermasalahkan sebab sponsor mereka masih setia mendukung.  Meskipun demikian, yang menjadi kekhawatiran pihak penyelenggara terkait turnamen bulu tangkis Malaysia Open 2020 hanya satu yaitu kemungkinan melangsungkan turnamen secara tertutup.  Digelarnya turnamen secara tertutup atau tanpa penonton secara otomatis bakal memengaruhi pendapatan turnamen dari sektor penjualan tiket. Kenny Goh beralasan bahwa penjualan tiket memberi pemasukan yang signifikan saat pihaknya menggelar turnamen dengan level seperti ini. Jika turnamen tertutup atau tanpa adanya penonton di venue, maka itu akan menjadi pukulan yang cukup berarti secara finansial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here