Kenali Beragam Posisi Pemain Di Olahraga Bola Voli di Ajang SEA Games 2019

FFSPORTZ.COMVoli SEA Games 2019 – Kamu suka olahraga voli? Pastinya sudah tahu berbagai macam posisi pemain di olahraga voli. Sebelumnya, Bola voli adalah permainan antara 2  grup pemain dengan luas lapangan tertentu dan dipisahkan oleh net atau jaring. Untuk mendapatkan nilai atau poin, pemain harus menjatuhkan bola ke daerah lawan atau bisa mendapatkan poin jika lawan melakukan kesalahan yaitu mengeluarkan bola dari lapangan.

Berbagai macam posisi pemain bola voli di ajang SEA Games 2019

Sebagaimana kita ketahui bersama kalau timnas Indonesia baik putra dan putri telah menorehkan prestasi yang cukup gemilang diajang SEA Games 2019 kemarin. Untuk tim putra telah meraih medali emas, sedangkan tim putri meraih medali perunggu. Bagi kamu yang ngaku fans voli, jangan hanya tahu nama dan gelar serta prestasi saja, tetapi tidak adaa salahnya juga perlu tahu berbagai posisi di skuat Timnas Indonesia Di ajang SEA games.  Jangan hanya tahu tosser atau smasher saja, berikut ini ada berbagai macam posisi pemain bola voli di ajang SEA Games 2019 kemarin.

  1. Posisi Setter (Pengumpan)

Para pevoli yang bertugas sebagai setter yaitu menyesuaikan ritme serangan tim. Setter ditugskan untuk memberi sentuhan kedua pada bola untuk menempatkan bola di udara paling tepat sehingga pemain mampu menyerang dengan membuat pukulan ke area permainan lawan. Sebagai setter harus memiliki keterampilan baik untuk menempatkan bola yang tepat ke udara. Selain itu dia harus mampu bergerak cepat dan agresif serta mengatur taktik dan tempo permainan timnya. Setter timnas Indonesia di SEA Games 2019 yaitu Dio Zulfikri dan Nizar Julfikar (putra) serta Tisya Amallya Putri dan Tri Retno Mutiara (putri).

  1. Posisi Libero

Posisi  Libero adalah bertugas sebagai bek dan bertanggung jawab  atas serangan atau servis. Seorang Libero harus pemain yang cepat dan memiliki kemampuan passing terbaik. Selain itu, pevoli yanag berposisi sebagi Libero ini tidak harus memiliki postur yang tinggi karena dia belum pernah bermain didekat net. Biasanya dia memakai seragam yang berbeda dengan kelima pemain voli lainnya. Yang terpenting, seorang Libero harus memiliki kemampuan untuk bertahan dan  memiliki kelincahan dalam menjelajah lapangan.  Libero Timnas di SEA Games 2019 yaitu Bastian Tamtomo Putro dan Fahreza Rakha Abhinaya (putra) serta Yulis Indahyani dan Dita Azizah (Putri)

  1. Posisi Middle Blockers/ Middle Hitter ( Pemblokir Tengah/Penyerang Tengah)

Pevoli yang bertugas sebagai Middle Blockers/ Middle Hitter ini biasanya dapat melakukan serangan  begitu cepat sehingga dia bisa menempatkan posisi di dekat setter. Pemain ini harus memiliki kemampuan untuk memblokir serangan lawan di depan net. Postur dari seorang  Middle Blockers/ Middle Hitter harus memiliki postur yang tinggi. Pemain berposisi Middle Blockers/ Middle Hitter yaitu Hernanda Zulfi, Hadi Suharto, Yuda Mardiansyah, I Putu Randu (putra) serta Wilda Siti Nurdadhilah, Agustin Wulandari, Arsela Nuari Purnama, Shella Bernadetha (Putri).

  1. Outside Hitter/Left Side Hitter (Penyerang Luar/Penyerang Kiri)

Pevoli dengan posisi ini merupakan pemain penyerang yang paling konsisten dan mendapat peluang terbanyaj dalam menyerang. Pasangan pertama yang tidak akurat biasanya menyebabkan umpan pergi ke pemukul luar. Dalam tim voli profesional ada dua pemukul luar di setiap pertandingan. Biasanya umpan untuk pemukul luar tinggi, sehingga outside hitter mengambil lompatan daripada memulai di luar lapangan.  Pevoli dalam posisi ini Doni Haryono, Sigit Ardian, Rendy Tamamilang, Agil Anggara (Putra) serta Megawati Hangesti, Amalia Fajrina, Wintang Kumala dan Ratri Wulandari (Putri)

  1. Opposite Hitter / Right-Side Hitter (Penyerang Seberang/Penyerang Kanan)

Seorang pevoli Opposite Hitter berperan untuk mempertahankan pertahanan di barisan depan. Dia bertanggung jawab untuk memblokir serangan musuh dan bertindak sebagai pengumpan cadangan.  Pemain yang menempati posisi ini Rivan Nurmulki dan Dimas Saputra  (Putra) serta Novia Andriyanti dan Hany Budiarti (Putri).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here