Kemenpora Masih Garap UU Sistem Keolahragaan Nasional Tentang Esports

FFSPORTZ.COM – Gelaran turnamen piala presiden Esport sudah digelar dua kali, putra presiden jokowi juga pernah menggelar turnamen esport, artis tanah air juga tidak ketinggalan, semua gandrung dengan esport. Mengaca dari deretan pihak – pihak yang terjun dan memeriahkan esports sehingga membuat perkembangan Esport di Tanah Air semakin hari semakin pesat.  Hal tersebut membuat Pemerintah untuk menyiapkan undang – undang untuk mengatur esports dan ekosistemnya.

Pembahasan UU Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) masih digarap

Gatot dewa Broto selaku Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga menuturkan bahwa wadah untuk esport masih disiapkan. Status hukum untuk esport saat ini sedang di bahas bersamaan dengan UU Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) masih digarap sampai beberapa bulan ke depan. Gatot mengatakan kalau sebelumnya mereka mengeluarkan dalam bentuk peraturan Menpora pada saat menjelang SEA Games Filipina kemarin, sebab pada SEA Games kemarin cabang Esports mulai di pertandingkan.

Dengan beberapa pertimbangan misalnya akan diberlakukan perubahan undang – undang SKN maka UU yang mengatur Esport juga akan sekalian di bahas. Gatot mengatakan bahwa saat ini masih dalam naskah revisi UU SKN, Esport tidak diikutsertakan. Meskipun begitu bukan bearti saat ini Olahraga Esport ilegal. Gatot menambahkan bahwa ini hanya persoalan penamaan saja. Persis seperti yang dulu dilakukan oleh Kominfo, dalam UU ITE tidak membahas Facebook, Instagram atau Twitter bahkan Youtube, tapi bukan berarti Medsos tersebut adalah sesuatu yang ilegal.

Atlit Esports Berbeda Dengan Gamer

Selain membahas tentang UU SKN tentang Esports, Gatot menyatakan dengan tegas bahwa Atlit Esports berbeda dengan gamer pada umumnya. Sebab banyak yang beranggapan bahwa atlit Esport memiliki fisik yang tidak prima atau bugar dan sesuatu yang menunjukkan kemalasan serta sesuatu yang negatif. Atlit Esports sama halnya dengan atlit olahraga lainnya yang membutuhkan fisik yang prima dan konsentrasi yang bagus.

Stigma negatif yang beranggapan bahwa Esports akan meninggalkan pendidikan sebab hanya sering main game akan berusaha dihilangkan oleh Gatot. Gatot juga mencontohkan beberapa tim Esport yang mengharuskan atau mewajibkan para atlitnya menyertakan nilai raport mereka. Kemudian unsur yang tak kalah penting dari olahraga pada umumnya yang sama dengan Esports adalah unsur pertandingan dan kompetisi .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here