Atlet Bulutangkis Indonesia

FFSPORTZ.COMKejuaraan Dunia Junior 2020 – Tak ubahnya dengan gelaran turnamen bulu tangkis senior, turnamen bulu tangkis junior juga alami penundaan. Badminton World Federation (BWF) atau Federasi Bulu Tangkis Dunia juga telah menunda pelaksanaan Kejuaraan Dunia Junior 2020 ini. Kejuaraan Dunia Junior 2020 akan mundur ke tahun depan dan akan digelar pada 11 – 24 Januari 2021 imbas mewabahnya virus Covid-19. Jika melihat jadwal sebenarnya, Kejuaraan bulu tangkis dunia Junior 2020 dijadwalkan pada 28 September hingga 11 Oktober 2020 di Auckland, Selandia Baru.

Keputusan menunda Kejuaraan Dunia Junior merupakan keputusan terbaik

Sebelumnya, Kejuaran Dunia Junior ini digelar pertama kali pada tahun 2000. Kejuaraan Dunia Junior merupakan rangkaian kejuaraan bulu tangkis yang diadakan oleh BWF dengan tujuan untuk menentukan pemain junior di bawah usia 19 tahun terbaik dunia. Hanya atlet yang memenuhi syarat yang bisa mengikuti kejuaraan ini. Kali ini, dengan penuh pertimbangan banyak hal, pihak BWF melalui Sekretaris Jenderalnya, Thomas Lund percaya bahwa langkah ini adalah pilihan terbaik untuk menghindari kemungkinan yang terkait dengan perjalanan dan dampak Covid-19.

Lund mengatakan bahwa pihak BWF berharap dapat bekerja sama dengan Badminton Selandia Baru untuk mengadakan turnamen hebat di Auckland. Sementara itu, Kepala Eksekutif Badminton Selandia Baru, Joe Hitchcock masih memiliki keyakinan bahwa para atlet bulu tangkis dan juga supporter akan mempunyai pengalaman yang tak terlupakan ketika turnamen akhirnya berlangsung. Hitchcock mengatakan bahwa saat ini, ketidakpastian situasi global menjadi tantangan pihak penyelenggara. Namun, pihak Badminton Selandia Baru selalu berkomunikasi dengan BWF dan mitra mereka mengenai bagaimana rencana turnamen yang dijadwalkan ulang tersebut.

Kejuaraan dunia Junior 2020 akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan

Sang Kepala Eksekutif Badminton Selandia Baru,  Hitchcock juga mengatakan pihak penyelenggara Kejuaraan Dunia Junior 2020 sepenuhnya memahami bahwa mereka dipandu oleh peraturan pemerintah Selandia Baru dan langkah – langkah kontrol perbatasan internasional. Ketika waktunya tepat, dalam arti situasi sudah memungkinkan, penyelenggara akan menyambut bakat bulu tangkis muda terbaik dunia datang ke Auckland. Mereka berharap bahwa para atlet yang menjalani laga di Auckland akan mendapatkan pengalaman seumur hidup dengan meninggalkan warisan positif.

Untuk sekedar informasi tambahan, pada  Kejuaraan Dunia Junior BWF Beregu tahun lalu, tim junior Indonesia menjadi juara nomor beregu. Pada Kejuaraan Dunia Junior BWF Beregu yang diadakan di Kazan, Rusia itu,  Tim junior Tanah Air mencetak sejarah dengan memboyong Piala Suhandinata untuk kali pertama ke pangkuan Ibu Pertiwi Sedangkan untuk juara terbanyak diraih oleh Timnas Tiongkok. Kemudian, pada nomor individu, Indonesia berhasil meraih Piala Eye Level melalui pasangan ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here