Kejuaraan Beregu Piala Thomas & Uber 2020 Diputuskan Ditunda Karena Corona

FFSPORTZ.COM – Kemarin santer terdengar bahwa setelah turnamen All England 2020, gelaran bulu tangkis selanjutnya akan alami penundaan dan bahkan pembatalan. Setelah turnamen bergengsi All England, masih ada lagi Turnamen yang paling ditunggu – tunggu keseruannya yaitu Piala Thomas dan Uber 2020. Sebagai catatan saja, Tim putra Indonesia sejauh ini juga tercatat menjadi pengumpul gelar terbanyak Piala Thomas, dengan torehan 13 kali juara dalam kejuaraan tersebut.  Namun, akibat masih mewabahnya virus covid-19 atau virus corona membuat pihak BWF harus menunda gelaran turnamen Badminton beregu putra dan putri Piala Thomas Dan Uber 2020.   Dari Pihak Pengurus Pusat Persatuan ulu Tangkis Indonesia atau PP PBSI ternyata keputusan dari Federasi Bulu Tangkis Dunia atau BWF, ternyata di sampbut baik karena alasan kesehatan dan keselamatan.

Piala Thomas dan Uber 2020 ditunda sebab Denmark masih berstatus Lockdown

Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa jadwal kejuaraan Badminton beregu putra dan putri Piala Thomas dan Uber 2020 akan digelar pada tanggal 16 hingga 24 Mei 2020 mendatang di Aarhus, Denamrk. Namun, Negara Denmark saat ini memilih melakukan Lockdown untuk antisipasi mewabahnya virus Corona di negara itu sehingga tidak kondusif untuk melakukan Turnamen. Sehingga pihak BWF telah memutuskan untuk memundurkan jadwal  Piala Thomas dan Uber 2020 menjadi 15-23 Agustus 2020 mendatang. menurut Sekjen BWF, Thomas Lund mengatakan penundaan alah langkah yang dipilih dmei para atlet, rombongan, official, dan komunitas badminton tetap aman dan selamat dari ancaman virus mematikan tersebut.

Sementara itu, menurut CEO Federasi Badminton Denmark, Bo Jensen telah mengungkapkan jika kebijakan untuk menunda kejuaraan Thomas dan Uber Cup 2020 ini merupakan keputusan yang sangat sulit.  Sedangkan dari pihak PP PBSI yaitu menurut Kasubid Hubungan Internasional PP PBSI, Bambang Roedyanto mengatakan bahwa dengan adanya keputusan penundaan turnamen merupakan keputusan terbaik, terlebih lagi jangka pelaksanaannya masih lumayan panjang yaitu sekitar empat bulan lagi. Bambang berharap bahwa pada bulan Agustus nanti situasinya sudah membaik sehingga tidak ada halangan lagi untuk turnamen yang bergengsi ini.

Turnamen Badminton Asia Championship 2020 juga diundur

Sebelum pelaksanaan Piala Thomas dan Uber, pihak BWF juga memiliki satu Turnamen yaitu Turnamen Badminton Asia Championship 2020. Keputusan untuk menunda juga sudah diterapkan di Kejuaraan ini. Jika menurut jadwal sesungguhnya, Turnamen Badminton Asia Championship 2020 ini akan diadakan di Kota Wuhan, Tiongkok pada tanggal 21 hingga 26 April 2020. Sudah tahu sendiri kan, bahwa Wuhan adalah sarang dan juga kota pertama atau tempat dimana virus corona ini berasal. Maka sudah diputuskan bahwa tempat pelaksanaan Turnamen Badminton Asia Championship 2020 di pindah.

Tempat yang menjadi pilihan diselenggarakannya Turnamen Badminton Asia Championship 2020 sebagai pengganti Wuhan adalah Manila, Filipina. Namun, karena kondisi yang juga masih belum membaik, maka Konfederasi Badminton Asia dan Asosiasi Bulutangkis Filipina telah memutuskan untuk menunda Kejuaraan Bulu Tangkis Asia tersebut hingga pada waktu yang masih belum ditentukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here