Kejuaraan Asia 2020 Dan Dua Kejurnas Bulutangkis Ditunda Karena Corona
jupiterlotto

FFSPORTZ.COM – Setelah Piala Thomas dan Uber telah ditangguhkan, sekarang Kejuaraan Asia 2020 resmi ditunda. Keputusan tersebut disampaikan oleh Presiden Konfederasi Bulu tangkis Asia (Badminton Asia/BAC) yaitu bapak Anton Subowo melalui surat pengumuman kepada seluruh anggota Asosiasi bulutangkis di Asia. Dalam pengumuman tersebut, BAC mengatakan bahwa pihaknya dan Asosiasi Bulu tangkis Filipina sepakat bahwa kejuaraan Asia 2020 tidak akan digelar di Manila sama halnya seperti kejuaraan Beregu Campuran Asia 2020.

Kejuaraan Asia 2020 ditunda sampai waktu yang belum ditentukan

Memang semula dijadwalkan bahwa kejuaraan Asia 2020 dijadwalkan berlangsung di Wuhan, Tiongkok pada 21-26 April 2020 mendatang. namun, Wuhan menjadi sarang dari wabah virus corona, akhirnya tempat berlangsungnya Kejuaraan Asia di pindah ke Negara Filipina.  Dan kini, pihak BAC telah mengumumkan bahwa Kejuaraan Asia 2020 tidak akan digelar di Manila, Filipina sebab Filipina juga terkena wabah virus mematikan tersebut. Sejauh ini, BAC masih belum mengambil keputusan pembatalan kejuaraan Asia sampai waktu yang belum ditentukan. Hal ini disampaika oleh Kasubid Hubungan Internasional PP PBSI Bambang Roedyanto.

Sebagai catatan, kejuaraan Asia 2020 semula adalah turnamen terakhir yang masuk dalam periode penghitungan poin kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Menurut informasi, pihak BWF telah mengonfirmasi bahwa ada 14 turnamen yang sudah tresmi dibatalakn, termasuk sejumlah turnamen – turnamen BWF World Tour yang masuk menjadi poin penghitungan poin Kualifikasi Olimpiade. Sejumlah turnamen pada tahun 2020 tersebut diantaranya Swiss Open, Dutch International,XXI Giraldila, Finnish Open,  Malaysia Open,  North Harbour International, Vietnam International Challenge, India Open, Orleans Masters, Waikato International, Polish Open, Canadian International Challenge, Osaka International Challenge dan Singapore Open

Dua kejuaraan Nasional bulutangkis juga resmi ditunda

Untuk kejuaraan bulutangkis Nasional atau dalam negeri juga terkena imbas penundaan. Diketahui ada dua kejuaraan Nasional bulutangkis juga sudah resmi ditunda, yaitu Sirkuit Nasional Jawa Tengah Open 2020 yang digelar pada 23 hingga 28 Maret di Purwokerto dan Sirkuit Nasional Jawa Barat Open 2020 yang digelar pada 30 Maret hingga 4 April di Bogor. Menurut Sekjen PP PBSI, Achmad Budiharto mengonfirmasikan bahwa penundaan kedua kejuaraan Nasional tersebut sampai batas waktu yang belum ditentukan.

PP PBSI sudah memberikan pengumuman ditundanya kejuaraan nasional bulutangkis kepada seluruh pengurus Propinsi di Tanah Air dan juga semua Stick Holder. Hal demi dapat di pahami dan dimaklumi oleh semua pihak terkait atas memnburuknya keadaan karena penyebaran virus corona di Indonesia. Seiring dengan penundaan kejuaraan bulutangkis dalam dan luar negeri, maka kegiatan atlit bulutangkis saat ini hanya fokus pada latihan dan menjaga kondisi dengan beristirahat penuh di asrama Pelatnas. Saat ini, PP PBSI sudah menerapkan peraturan khusus bagi para atlet Pelatnas diantaranya adalah melarang keluar area Pelatnas termasuk pada masa libur yaitu rabu siang, Sabtu siang dan Minggu ful day.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here