Kejelasan Nasib PSG Jika Liga Champions Dan Europa Ditargetkan Selesai Agustus

FFSPORTZ.COMPSG – Asosiasi Sepak bola UEFA telah menargetkan Liga Champions dan Liga Europa bisa tuntas di bulan Agustus tahun ini. Selain itu Asosiasi Sepakbola Uni Eropa tersebut  juga percaya mayoritas liga domestik akan selesai. Memang seperti yang sudah diketahui bersama bahwa liga – liga Eropa termasuk Liga Champions dan Liga Europa telah ditangguhkan sejak Maret lalu akibat pandemi virus corona. Sebagian besar masih belum bisa memastikan kapan akan melanjutkan kompetisi. Kemudian untuk Bundesliga jadi satu – satunya dari liga paling prestis di Eropa yang sudah melanjutkan musim, terhitung sejak 16 Mei kemarin. Sementara untuk Liga Perancis ditambah Liga Belgia dan Belanda  telah dihentikan sepenuhnya. Sementara untuk Premier League, Serie A dan Laliga masih menggodok rencana menggelar kembali kompetisi mereka.

Presiden UEFA perkirakan Liga Champions dan Europa selasai Agustus

Menurut pernyataan Presiden UEFA, Aleksander Ceferin mengatakan kalau dirinya percaya diri bahwa mayoritas liga di Eropa akan menyelesaikan kompetisi. Jika seandainya situasi terus membaik, dia memperkirakan Liga Champions dan Liga Europa bisa selesai pada bulan Agustus. Kepercayaan diri Ceferin dikatakan kepada kepada beIN Sports yaitu karena didasarkan pada pihaknya yang memiliki ide tentang kelanjutan liga, tapi mereka harus menunggu komite eksekutif UEFA untuk mengonfirmasi tanggalnya.

Ceferin juga mengatakan kalau jika melihat situasinya terlihat seperti sekarang ini, dia yakin kalau bisa menyelesaikan musim Eropa dan ini berarti kompetisi UEFA. Dia merasa bahwa sebagaian besar liga – liga akan bisa menyelesaikan musim ini.  Bagi yang tidak menuntaskan musim, hal itu adalah keputusan yang telah mereka ambil. Akan tetapi mereka masih harus memainkan laga kualifikasi jika ingin berpartisipasi di kompetisi Eropa.

Nasib Paris Saint-Germain di Liga Champions

Telah sedikit disinggung diatas, kalau Liga Perancis telah dihentikan total. Pertanyaannya adalah bagaimana dengan nasib Paris Saint-Germain di Liga Champions. Diketahui bahwa PSG telah dinyatakan sebagai juara sebab memimpin klasemen dengan keunggulan 12 poin. Diketahui bahwa PSG terancam tidak bisa gelar laga kandang sampai September mendatang. Sebab Pemerintah Perancis melarang seluruh ajang olahraga sampai bulan tersebut akibat dari pandemi virus Covid-19 sejak 28 April lalu. Pengumuman inilah yang kemudian yang menjadi dasar keputusan liga untuk mengakhiri musim.

Tercatat bahwa tidak hanya PSG, akan tetapi juga Olympic Lyon juga telah menjadi wakil Perancis di Liga Champions. Dengan dihentikannya kompetisi oleh pemerintah Perancis, otomatis PSG dan Lyon sama – sama tidak bisa menggelar partai kandang jika Liga Champions dilanjutkan. Sementara UEFA telah menargetkan kompetisinya bisa tuntas bulan Agustus. Disini, Presiden UEFA, Aleksander Ceferin menyebut kalau memang pemerintah Perancis tidak memberikan kelonggaran untuk menggelar untuk menyelenggarakan kompetisi tanpa penonton, maka PSG dan Lyon bakal memilih markas di negara lain untuk sementara waktu. Tempat yang dipilih tentu adalah tempat yang netral. Ceferin mengatakan kepada beIN Sports kalau dirinya tidak melihat adanya alasan kenapa Pemerintah Perancis tidak membiarkan kompetisi digelar tanpa penonton. Namun, itu semua di luar kendali Ceferin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here