Jude Bellingham

FFSPORTZ.COMJude Bellingham – Borussia Dortmund baru mendapatkan pemain gelandang dari klub Inggris, Birmingham City. Baru bergabung satu pekan, Jude Bellingham sudah mendapat serangan rasisme melalui media sosial. Sebuah cuitan yang dibagikan oleh salah satu fans Manchester United pada Rabu, 22 Juli 2020 malam, tertulis bahwa Bellingham adalah bakat yang terlalu dilebih – lebihkan dan cuitan tersebut juga menyebutkan bahwa orang kulit hitam hanya berpikir tentang uang. Cuitan yang sudah dihapus tersebut kemudian dibagikan oleh Bellingham. Bellingham menyebut bahwa serangan padanya tersebut merupakan hal yang sangat menjijikan.

Bellingham dapat serangan rasisme usai bergabung dengan Dortmund

Setelah mendapat serangan rasisme, Bellingham mengatakan bahwa tidak masalah menilai dirinya bukan sebagai pemain, bahkan untuk tidak menyukai sebagai manusia. Akan tetapi bagaimana seseorang menggunakan ras dan stereotip yang memalukan untuk mengkritik sebuah keputusan yang dia buat untuk kariernya adalah hal yang tidak dipahami oleh Bellingham. Dia menegaskan bahwa waktunya untuk berubah, banyak yang harus dilakukan mengenai hal itu. Masalah yang dialami Bellingham saat ini sedang ditangani oleh pihak kepolisian West Midlands dan Birmingham City menyebut serangan tersebut sebagai hal yang mengerikan.

Sebelumnya memang diketahui bahwa Manchester United sempat dikaitkan dengan Bellingham, tapi gelandang berusia 17 tahun itu akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Dortmund. Sebagaimana diketahui bersama bahwa kebanyakan klub – klub di Bundesliga, Dortmund salah satunya dikenal mau memberi kesempatan pada pemain – pemain muda di klub utama. Tak hanya Bellingham, beberapa pemain Liga Inggris lain yakni Wilfried Zaha dari Crystal Palace dan David McGoldrick dari Sheffield United juga mendapat serangan rasisme lewat media sosial dalam beberapa pekan terakhir.

Bellingham tetap cinta pada Birmingham City Meski Pindah Ke Dortmund

Meski sudah resmi menjadi gelandang Dortmund, Bellingham mengaku tetap cinta pada Birmingham City. Menurut laporan, transfer Bellingham dari Birmingham City ke Dortmund sebesar 25 juta Euro atau setara dengan Rp 421 miliar. Sebelum kepindahan ke Dortmund, dia telah memainkan laga perpisahannya dengan Birmingham City di pekan pemungkas Divisi Championship. Pada kompetisi kasta kedua Liga Inggris musim 2019/20 tersebut Birmingham City menjamu klub Derby County. Namun sayang, bertindak sebagai tuan rumah, Birmingham City harus menelan kekalahan 1-3.

Usai jalani pertandingan, Belllingham mengakui bahwa dirinya tidak akan pernah melupakan Birmingham City. Sejak masih berusia tujuh tahun, dia sudah membela Birmingham City. Kemudian, Bellingham juga menjalani karier profesional pertama dengan Birmingham City. Oleh sebab itu, ia mengaku sangat cinta bahkan rela mati demi klub tersebut. Selanjutnya, bersama Borussia Dortmund, Jude Bellingham mendapat kontrak selama 3 tahun atau hingga musim panas 2023 mendatang. Sementara itu untuk tindakan rasisme, Bellingham mengatakan bahwa sangat menyedihkan bahwa rasisme masih terjadi bahkan di tahun 2020 ini, dan  tindakan tersebut harus segera disingkirkan dengan cepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here