Jawa Barat Tetap Optimis Juara Umum Peparnas ke XVI Meski Dua Cabor Dihapus

FFSPORTZ.COM – Diketahui bahwa Pengurus Besar Pekan Paralimpik Nasional  atau Peparnas ke XVI tahun 2020 di Papua telah mencoret dua cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Sebelumnya diketahui juga bahwa sang tuan rumah Papua telah menyatakan akan menggelar 14 cabang olahraga namun akhirnya hanya mempertandingkan 12 cabor pada Pekan Paralimpik Nasional nanti.

Dua cabang olaharaga, voli dan goal ball telah dihapus di Peparnas

Awalnya memang sudah ditetapkan ada 14 cabor yang akan di pertandingkan dalam Peparnas kali ini. 14 cabang olahraga tersebut yaitu Atletik, Angkat Berat, Bulu Tangkis, Bola Voli Duduk, Catur, Goal Ball, Judo, Sepak Bola CP 5 Slide, Tenis Lapangan Kursi Roda, Tenis Meja, Tenpin bowling, Panahan, Renang, dan satu cabang olahraga baru yakni Bocci. Menurut Ketua Umum National Paralimpik Comittee (NPCI) Jabar, Supriatna Gumilar, Dia mengatakan kalau dua cabor yang dihapus adalah Bola Voli Duduk dan Goal Ball.

Dengan adanya dua cabor yang dicoret, sehingga banyak atlit yang akan siap berlaga di dua cabor tersebut akan batal bermain. Sehingga pada ajang Peparnas XVI/2020 kali hanya tinggal 12 cabor saja. Tidak hanya batal bermain, untuk wilayah Jabar hal ini sangat merugikan mereka. Pasalnya mereka sudah mempersiapkan dengan matang para atlit mereka untuk berlaga di dua cabor yang telah dihapus tersebut. Sehingga pihak  National Paralimpik Comittee (NPCI) Jabar dengan terpaksa membubarkan tim Goal Ball dan Bola Voli Duduk tersebut. Tercatat  sebanyak 31 orang di dua cabang olahraga tersebut bakalan batal membela Jabar di ajang Peparnas XVI/2020.

Atlit batal bela di Voli Duduk dan Goal Ball akan memilih cabor lain

Setelah dilakukan pertimbangan untuk atlit dari dua cabor yang telah dihapus akan diberi kesempatan untuk memilih dari 12 cabor yang masih dipertandingkan di Peparnas XVI kali ini. Jika para atlit menunjukkan performa menjanjikan, mereka akan diperkenankan masuk tim inti NPCI Jabar. Kalau berprestasi dan menunjukkan performa menjanjikan, mereka bisa saja masuk dalam tim inti NPCI Jabar.

Dari pengakuan Supriyatna mengenai penghapusan dua cabang olahraga tersebut, pihaknya telah mengalami kerugian sebab mereka akan kehilangan potensi untuk meraih emas lagi. Sebab, diketahui bahwa pada Peparnas 2016 lalu, Jabar menyabet emas dari voli duduk dan Goal Ball. Meskipun begitu, Jabar akan tetap optimis untuk mempertahankan juara umum di Peparnas 2020 kali ini.  Mereka akan berusaha mendulang emas tambahan di cabor yang lainnya seperti cabor Atletik dan Renang.  Selain itu pihaknya juga sudah menghitung terkait estimasi target untuk bisa mempertahankan gelar juara umum  dari 12 cabang olahraga pada di Peparnas XVI/2020. Mereka menghitung angka 130 -150 untuk emas harus didapat agar mampu mempertahankan titel juara umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here