KKO Surakarta

FFSPORTZ.COMVoli Indonesia – Setelah sekian lama tidak ada informasi dari jagad voli Tanah Air, baru – baru ini ada kabar menarik dari olahraga voli di daerah. Bola voli menjadi cabang olahraga yang terbanyak diminati oleh pelajar pada seleksi masuk Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMP 1 Surakarta tahun ini. Menurut Kepala Bidang Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Surakarta, Maretha Dinar Cahyono pada 18 Juni 2020 kemarin mengatakan ada pendaftar cabang olahraga voli sebanyak 27 anak, dengan rinciannya 15 untuk putra dan 12 putri.

Pendaftar KKO Surakarta terbanyak dari cabang voli

Tercatat total ada 108 pendaftar KKO, terbanyak datang dari cabang olahraga bola voli. Sementara, paling sedikit renang, tenis meja, tenis lapangan dan panahan dimana masing – masing tiga orang pendaftar. Maretha menjelaskan bahwa daya tampung penerimaan siswa baru pada kelas khusus tersebut sebanyak 64 kursi yang terbagi kedalam 12 cabang olahraga. Selain lima cabang olahraga yang dibahas diatas, ada cabang olahraga lain yang juga memiliki peminat atau pendaftar yang cukup banyak. Diantaranya  yaitu sepak bola dengan 18 anak, Taekwondo dengan 13 anak, Pencak Silat 11 anak, Karate delapan anak, kemudian Judo dan atletik masing – masing tujuh orang anak pendaftar serta untuk cabang anggar ada lima pendaftar.

Untuk diketahui saja,  bahwa tes spesialisasi kecabangan dilakukan di beberapa tempat pada Kamis kemarin. Sebelumnya, para peserta seleksi menjalani tes kesehatan dan psikologi pada Selasa, 16 Juni 2020 lalu.  Kemudian, pada hari Rabu, 17 Juni diadakan tes fisik umum di Kampus Fakultas Keolahragaan (Fkor) UNS Surakarta.

Seleksi penerima KKO Sesuai Protokol kesehatan

Sang Kabid Dispora tersebut mengungkapkan bahwa semula terdapat 115 anak yang mendaftarkan diri secara online dalam seleksi masuk KKO. Akan tetapi, tujuh anak tidak diterima dikarenakan tidak memenuhi syarat administrasi seperti status kependudukannya di luar kota Solo dan usianya melampaui batas maksimal yakni 1 Januari 2007. Menurut Konsultan KKO SMP 1 Surakarta dari Fkor UNS, Sapta Kunta Purnama dan Fadilah Umar, hasil seleksi dalam empat sesi itu menjadi penentu penerimaan siswa, selain nilai akademik dari para pendaftar.

Sementara itu, saat ini situasi dalam keadaan yang belum kondusif maka seleksi penerimaan KKO harus sesuai protokol kesehatan. Hal ini tidak lain dan tidak bukan demi mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Maka dari itu peserta yang menjalani tes kesehatan, psikologi dan tes fisik umum dibagi menjadi lima kelompok secara bergiliran. Menurut Kunta yang juga dekan Fkor UNS, cara ini dipilih agar sesuai dengan protokol kesehatan secara ketat. Sedangkan untuk tes spesialisasi terbagi sesuai cabang olahraganya. Kemudian, hasil tes selama tiga hari tersebut akan diumumkan pada 23 Juni mendatang. Pihak  Dispora belum menentukan kuota pelajar setiap cabang olahraga, karena akan diambil peserta yang terbaik. Semoga cabang voli akan menjadi cabang olahraga yang semakin digemari di Tanah Air melihat prestasi Timnas Indonesia di SEA Games 2019 kemarin yang luar biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here