Jadwal Baru French Open 2020 Dikecam Banyak Organisasi Tenis Dunia

FFSPORTZ.COM – Ditengah masifnya penyebaran pandemi virus covid-19 atau corona mengakibatkan Turnamen tenis French Open resmi ditunda. Diketahui bahwa jadwal asli French Open yaitu 24 Mei hingga 7 Juni 2020. Kemudian pihak Federasi Tenis Perancis (FFT) telah memundurkan jadwal menjadi 20 September hingga 4 Oktober 2020. Namun, jadwal baru Grand Slam tersebut tidak berkonsultasi dengan organisasi seperti WTA, ATP dan ITF sehingga berpotensi bertabrakan dengan turnamen lainnya.

Jadwal baru Perancis terbuka tuai banyak kecaman

Dengan mewabahnya virus corona membuat pihak penyelenggara turnamen Perancis Terbuka akan diundur. Tindakan karantina membuat panitia tidak mungkin melanjutkan persiapan dan mustahil untuk melaksanakan turnamen sesuai jadwal. Untuk memastikan bahwa turnamen akan tetap ada, pihak Federasi Tenis Perancis memutuskan untuk menyelenggarakan Roland – Garros kali ini yaitu pada 20 September hingga 4 Oktober 2020

Setelah diputuskan untuk diundur, pihak Federasi Tenis Perancis (FFT) selaku penentu jadwal baru turnamen French Open 2020 tuai banyak kecaman. Menurut Media Inggris Daily Mail menyatakan bahwa organisasi tenis dunia membuat pernyataan bersama terkait jadwal Perancis terbuka baru tersebut. Bahkan Banyak dari anggota organisasi tenis dunia telah mengecamnya untuk tidak memperhitungkan poin pemain dalam turnamen lapangan tanah liat tersebut.

Jadwal baru French Open 2020 tidak dikonsultasikan anggota organisasi tenis dunia

Jadwal baru Perancis terbuka 2020 tersebut tidak dikonsultasikan terlebih dahulu kepada anggota oragnisasi tenis dunia. Semestinya semua keputusan terkait dampak virus corona membutuhkan konsultasi dan pertimbangan dari pemangku kepentingan lainnya. Pandangan seperti inilah yang dipegang oleh ATP, WTA, All England club,  Internasional Tennis Federation, Tennis Australia dan USTA. Jadwal baru yang sudah ditentukan federasi tenis Perancis tersebut hanya berjarak sepekan setelah ajang Amerika Terbuka yang sebelumnya juga diputuskan untuk diundur dengan mendapat izin dari oragnisasi tenis dunia.

Ditambah lagi bahwa jadwal baru Perancis terbuka juga akan bertabrakan dengan turnamen laver cup yang akan dipromotori oleh petenis Roger Federer. Selain itu, pengumuman mendadak FFT itu pun membuat para petenis dunia sangat terkejut. Semisal Jamie Murray, dia mempertanyakan apakah FFT sudah berkonsultasi dengan ATP, WTA dan organisasi tenis dunia lainnya. Ada juga petenis Jonny O’Mara yang juga menilai bahwa para petenis akan kelelahan ketika bertanding di Roland Garros tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here