Novak Djokovic dan Rafael Nadal
indoagen

Jadwal Turnamen Tenis – Jika mengingat Italia Open, misalnya yang terdekat adalah turnamen yang telah usai pada tahun 2019 lalu. Peraih gelar juara di ajang tersebut yaitu Rafael Nadal. Petenis asal Spanyol tersebut menjadi juara setelah mengalahkan Novak Djokovic dengan skor 6-0, 4-6 dan 6-1 di partai final pada 19 Mei 2019. Usai menjuarai Italia Open 2019 lalu, Nadal mengoleksi gelar kesembilannya di Roma dan sebuah rekor gelar Maters yang ke-34. Sekarang, beralih kepada Italia Open di tahun 2020. Pihak Organisasi tenis putra (ATP) pada Jumat, 14 Agustus 2020 kemarin menyatakan bahwa turnamen Italia Open di Roma bulan depan akan digelar sepekan lebih cepat dari jadwalnya. Hal ini dikarenakan pembatalan Madrid Open karena pandemi virus Covid-19.

Italia Open 2020 Dimajukan Usai Pembaruan Kalender 2020

Wabah virus yang diklaim dari Wuhan, Tiongkok itu sangat berdampak pada kalender olahraga tak terkecuali tenis. Pihak ATP telah umumkan beberapa pembaruan pada sisa kalender 2020 kali ini sebagai dampak pandemi virus Covid-19. Misalnya yang sangat terlihat yakni tidak ada tempat bagi Final NextGen ATP, acara unggulan bagi para pemain top berusia 21 tahun dan di bawahnya, dalam jadwal sementara. Menurut sumbernya, Italian Open 2020 dimana merupakan kunci persiapan French Open sekarang akan dimulai pada 14 September dan mempunyai final pada hariu senin.

Turnamen Italia Open 2020 akan diikuti oleh Hamburg European Open pada pekan menjelang Roland Garros yang akan dimulai pada 27 September. Ketua ATP, Andrea Gaudenzi menyatakan bahwa turnamen tenis sudah mulai menemukan jalannya kembali atau sudah dimulai kembali. Meskipun begitu, sang ketua ATP itu tetap memprioritaskan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan semua orang yang terlibat. Pihaknya berharap bahwa akan bisa mempertahankan kesempatan bermain tersebut dan menghasilkan penyelesaian yang baik musim ini.

ATP Umumkan Pembaruan Pada Sisa Kalender 2020

Gaudenzi mengatakan bahwa dirinya sangat memuji turnamen – turnamen untuk komitmen mereka yang berkelanjutan, fleksibel dan kecakapan dalam menemukan solusi untuk beroperasi di bawah situasi yang menantang kali ini. Kemudian, selain perubahan pada Italia Open, perubahan jadwal lainnya adalah Saint Petersburg Open akan naik status menjadi ATP 500 untuk edisi 2020. ATP menambahkan bahwa kalender sementara tetap dapat berubah dan akan mengeksplorasi opsi untuk event tambahan ke dalam jadwal. Termasuk juga kesempatan untuk mengeluarkan lisensi tahun tunggal dalam jumlah terbatas.

Sementara itu, penyelenggara turnamen akhir tahun ATP Final telah umumkan bahwa Novak Djokovic, Rafael Nadal dan Dominic Thiem adalah tiga pemain tenis pertama yang lolos ke turnamen yang digelar pada 15 – 22 November itu. Final untuk edisi ulang tahun ke-50 di London yang diikuti delapan pemain tunggal dan ganda terbaik. Rencanaya turnamen juga digelar tanpa penonton, hal ini akan sejalan dengan pedoman pemerintah Inggris.  Sementara itu, ATP tetap berharap bahwa akhir tahun ini penonton akan diizinkan kembali ke stadion dengan cara berjarak sosial. Hal ini menyusul dengan  adanya serangkaian event percontohan yang sedang dilakukan di Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here