Indonesia Sangat Mampu Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023

FFSPORTZ.COM – Pada gelaran Asian Games 2018 kemarin, Indonesia dinilai sukses oleh dunia Internsional. Dengan modal ini, Indonesia dianggap mampu untuk menjadi acara – acara berskala besar lainnya. Hal tersebut yang menjadi pendorong Indonesia untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah beberapa event Internsional seperti Piala Dunia U-20, Piala Dunia basket dan bahkan sampai Olimpiade 2032. Diketahui bahwa Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia Basket 2023, target Indonesia sudah terpenuhi. Indonesia akan jadi tuan rumah Piala Dunia Basket bersama Filipina dan Jepang.

Indonesia siap dan mampu gelar Piala Dunia Basket 2023

Menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket bukan hal yang mudah, akan tetapi bila mengaca pada kesuksesan gelaran Asian Games 2018 lalu, Indonesia diyakini sejumlah pihak mampu. Indonesia dituntut untuk lebih baik dari gelaran Piala Dunia Basket 2019 lalu yaitu di Tiongkok.  Menurut Ketua Steering Committe Piala Presiden Basket 2019, Maruarar Sirait, Indonesia dulu diragukan menjadi tuan rumah Asian games 2018 namun melalui tangan dingin Erick Thohir gelaran paling akbar se-Asia tersebut mampu digelar di Indonesia dengan sangat sukses.

Meskipun mampu menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket 2023 nanti, bukan berarti Indonesia akan secara otomatis menjadi kontestan di ajang tersebut. Seperti layaknya di ajang – ajang tingkat Internasional lainnya, sebelum menjadi salah satu kontestan yang berlaga di ajang sekelas dunia maka Indonesia harus lolos di babak kualifikasi. Indonesia harus lolos di babak kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 jika ingin menjadi salah satu kontestan.

Indonesia harus berjuang dan lolos di babak kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Diketahui bahwa Indonesia tergabung di grup A bersama Filipina dan Thailand dan Korea Selatan. Tercatat ada 24 negara yang terbagi dalam 6 grup akan berpartisipasi dalam kualifikasi FIBA Cup 2021. Dua tim teratas dari masing – masing grup langsung meraih slot di putaran final ajang tersebut. Enam negara yang berada di peringkat ketiga klasemen akan lolos ke putaran kedua untuk memperebutkan empat slot yaitu 16 besar peserta.

Pada babak Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 memiliki format kandang-tandang yang dilaksanakan mulai Februari 2020 hingga Februari 2021. Meskipun Indonesia menempuh jalan yang cukup sulit, akan tetapi Indonesia berusaha semaksimal mungkin dan lolos ke putaran Final FIBA CUP 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here