rudy hartono juara all england

FFSPORTZ.COMBulutangkis – Jika berbicara mengenai bulu tangkis nama Indonesia adalah salah satu negara yang paling diunggulkan. Diketahui Memang perkembangan olahraga bulu tangkis Indonesia dan dunia tidak lepas dari peran para senior atau pemain bulu tangkis terdahulu. Mereka adalah para pioner dalam cabang olahraga bulu tangkis, sebut saja Rudy Hartono, Utami Dewi, Ade Chandra, dan Christian Hadinata. Mereka tampil bersama pemain dari 11 negara lain dalam Olimpiade Munich 1972. Sebagai pelopor bulu tangkis mereka mendapat tugas untuk mendemonstrasikan bulu tangkis. .

Empat legenda bulu tangkis indonesia saksi sejarah bulu tangkis dunia

Jauh sebelum Indonesia meraih emas cabang bulu tangkis dalam Olimpiade Barcelona 1992 melalui Alan Budi Kusuma dan Susy Susanti,  Rudy Hartono, Utami Dewi, Ade Chandra, dan Christian Hadinata sudah lebih dulu berada di gelaran Olahrag paling akbar di dunia itu. Tercatat Selama enam hari yaitu  4-10 September 1972, sebanyak 17 pebulu tangkis putra dan delapan putri menunjukkan permainan apik dan atraktif demi mengenalkan olahraga bulu tangkis di mata dunia. Mereka alah pemain pilihan dari Federasi Bulu Tangkis Internasional (IBF) atau yang kini dikenal sebagai Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF)

Keempat pebulu tangkis legenda itu mewakili Indonesia dalam memperkenalkan bulu tangkis ke dunia. Namun perlu diketahui bahwa apa yang ditampilkan para pemain dunia pada waktu itu belum berjalan dengan mulus agar bisa dimainkan dalam Olimpiade. Perlu waktu sekitar 20 tahun, termasuk ekshibisi pada Olimpiade Seoul 1988, sebelum akhirnya masuk menjadi salah satu cabor yang dipertandingkan di Olimpiade. Mereka adalah saksi sejarah panjang bulu tangkis untuk diakui Komite Olimpiade Internasional (IOC) hingga akhirnya dimainkan secara resmi pada Olimpiade Barcelona.

Indonesia menjadi salah satu Pioner pertama bulu tangkis di Olimpiade

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI), Achmad Budiharto membenarkan besarnya kontribusi Rudy Hartono, Tami Dewi, Ade Chandra dan Christian Hadinata. Budiharto menyebut kalau mereka adalah pendekar dan perintis jalan bulu tangkis resmi dipertandingkan di Olimpiade Barcelona. Seluruh atlet bulu tangkis dunia, saat ini wajib mengangkat topi dan mengacungkan jempol atas dedikasi dan perjuangan mereka. Pada demonstrasi bulu tangkis pada Olimpiade Munich 1972 mempertandingkan empat nomor yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra dan ganda campuran yang masing – masing dengan delapan pemain.

Sementara untuk sistemnya menggunakan Seeded, pertandingan keempat nomor tersebut langsung diawali dengan babak perempat final di Hall bola voli. Rudy Hartono menempati unggulan pertama, meraih medali emas dengan mengalahkan Svend Pri pebulu tangkis dari Denmark di depan 3.000 penonton. Selain itu ada tambahan emas dari ganda putra Ade Chandra/christian Hadinata dengan mengalahkan wakil Malaysia Ng Boon Bee/ Punch Gunalan. Untuk tunggal putri, Utami Dewi meraih perak sebab kalah dengan pebulu tangkis Jepang, Noriko Nakayama. Sedangkan untuk ganda campuran, emas diraih pasangan dari Inggris, Derek Talbot/Gillian Gilks mengalahkan Pasangan Denmark Svend Pri/Ulla Strand. Indonesia menambah satu perunggu melalui ganda campuran Christian Hadinata/ Utami Dewi. Menurut Achmad Budiharto 25 pebulu tangkis dunia dan Rudy Hartono sebagai ikon uatama yang membuka jalan bulutangkis ke level dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here