Bulutangkis Indonesia
indoagen

Bulutangkis Indonesia – Sebelum BWF World Tour dimulai pada tahun 2018 lalu, bulu tangkis dikuasai dua negara kuat yakni Jepang dan Tiongkok. Dari lima sektor pertandingan di bulutangkis, kedua negara itu berhasil menguasai masing-masing dua sektor. Tercatat hanya Indonesia yang berhasil menyangingi kedua negara tersebut. Perlu diketahui bahwa pihak BWF telah memutuskan untuk mengubah format Super Series menjadi format World Tour pada tahun 2018 hingga 2021 tahun depan.

Jepang dan Tiongkok Dominasi BWF World Tour

Negara Tiongkok pada musim ini memang torehkan hasil yang buruk. Misalnya pada turnamen bulu tangkis terakhir yakni All England 2020 Maret lalu, Mereka sama sekali tak mendapat gelar di lima sektor. Memang sebelumnya, pebulutangkis dari Negeri Tirai Bambu sangat mendominasi di sektor tunggal putri dan ganda campuran. Sementara itu, untuk Jepang telah menguasai di sektor tunggal putra dan ganda putri bulu tangkis dunia.

Pada sektor tunggal putri, tim Tiongkok berhasil mengoleksi 22 gelar dan untuk sektor ganda campuran telah mengoleksi 27 gelar gelar BWF World Tour sejak tahun 2018 hingga saat ini. Sedangkan untuk tim Jepang, berhasil mengumpulkan 17 gelar untuk sektor tunggal putra. Sementara untuk sektor ganda putri, Negeri Samurai itu telah berhasil meraih 33 gelar dan tidak ada yang mampu menyaingi sejak dua tahun yang lalu.

Indonesia Berhasil Hancurkan Dominasi Tiongkok dan Jepang

Pertanyaan adalah bagaimana dengan torehan Indonesia di BWF World Tour? Ternyata hanya Indonesia yang mampu menghancurkan dominasi Jepang dan Tiongkok di sektor ganda putra. Meski Indonesia hanya mampu mendominasi di sektor ganda putra yakni dengan 29 gelar, namun sejauh ini belum ada negara lain yang berhasil menyaingi torehan ganda putra Indonesia di BWF World Tour tersebut. Untuk tim Tiongkok saja hanya berhasil mengoleksi 10 gelar sejak era BWF World Tour dimulai.

Di bawah Tiongkok ada tim Korea Selatan dengan mengoleksi sembilan gelar. Kemudian, ada Chinese Taipei yang berhasil meraih delapan gelar.  Di posisi berikutnya, baru ditempati oleh tim Jepang dimana hanya mampu menorehkan tujuh gelar di turnamen BWF World Tour. Ganda putra Indonesia memang saat ini sangat perkasa dibandingkan dengan ganda putra negara lain. Tercatat ada ganda putra aktif diantaranya Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan serta Fajar Alfian/Rian Ardianto. Deretan ganda putra tersebut bukan mustahil akan terus menjadi penguasa di era BWF World Tour.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here