IBL 2020 Seri Ketujuh Malang Di Hentikan Sementara Karena Waspada Wabah Corona

FFSPORTZ.COM – Setelah ajang NBA Amerika Serikat ditangguhkan akibat wabah virus corona, kini giliran Indonesia basketball League (IBL) akan dihentikan sementara. Hal ini tersebar setelah Direktur utama liga bola basket Indonesia yaitu JUnas Miradiarsyah mengumumkan penghentian sementara kompetisi IBL kali ini sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan. IBL kali ini tengah memasuki seri ketujuh yang rencananya digelar pada 13 hingga 15 Maret 2020 yang akan digelar di GOR Bhimasakti, Malang, Jawa Timur. Tercatat bahwa penundaan pelaksanaan IBL itu diputuskan di menit – menit akhir menjelang berlangsungnya pertandingan pertama seri ketujuh Malang, jumat kemarin. Tepanya pengumuman dihentikan pada pukul 13.30 WIB, sementara jadwal laga pertama akan digelar pada pukul 15.00 WIB.

Penghentian sementara IBL karena kewaspadaan terhadap corona

Diketahui bahwa penghentian sementara IBL dilakukan karena pihak penyelenggara waspada terhadap ancaman virus corona. Penghentian sementara gelaran IBL diputuskan setelah pihak penyelenggara melakukan komunikasi dengan tim peserta serta Instansi terkait demi keselamatan semua pihak yang terlibat pada gelaran tersebut dari menyebarnya coronavirus disease 2019  atau Covid-19.

Menurut Junas Miradairsyah, penghentian dilakukan setelah pertimbangan mendalam, melakukan pembicaraan dengan klub dan sponsor dan walhasil opsi penundaan seri ini adalah keputusan yang dipilih dimana merupakan opsi yang terbaik. Junas juga berharap atas penundaan atau penghentian sementara musim IBL 2020 ini bisa menjadikan tim dan pemain lebih mengerti. Dirinya juga sangat bersyukur hingga IBL hingga seri keenam tetap berjalan seperti yang diinginkan dan tidak terjadi masalah yang berarti terkait virus corona. Selain itu, Junas akan melakukan pertemuan dengan tim untuk membahas kelanjutan kompetisi IBL musim 2020 kali ini serta ada dua pertimbangan yang akan diambil yaitu mengenai waktu dan kompetisinya.

IBL akan beri bantuan untuk pulangkan para pemain asing

Menurut Junas, peta pertandingan yang melibatkan pemain asing pasti akan berubah sebab setelah pengumuman penghentian IBL para pemain asing akan dipulangkan. Kemudian, JUnas juga menambahkan bahwa IBL akan memberi bantuan untuk proses pemulangan pemain asing  yang berlaga di IBL kali ini. Tercatat bahwa IBL kali ini ada 10 tim basket yang bertanding, satu tim nasional dan Sembilan tim umum dimana setidaknya ada 27 pebasket asing. Dari kesembilan tim tersebut diketahui masing – masing memiliki 3 pemain asing.

Sebelumnya diketahui juga bahwa gelaran IBL di Malang pada 13 hingga 15 Maret 2020 ini adalah rencana mendadak. Karena sudah terjadwal bahwa seri ketujuh IBL 2020 semestinya digelar di Jakarta, namun dikarenakan ditemukannya kasus penderita covid- 19 di Jakarta dan sekitarnya maka kompetisi IBL dialihakn ke Malang. Banyak fans dan pecinta basket di Malang yang mengaku merasa kecewa, sebab jarang – jarang ada kompetisi basket bergengsi mampir di Malang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here